"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 15 Agustus 2014

APA YANG DIBACA DALAM SHOLAT JENAZAH (5)

Watsilah bin Al-Asqo r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. menyolatkan orang mati bersama kami, maka saya mendengar ia membaca : ALLAHUMMA INNA FULAN BIN FULAN FIDZIMATIKA WAHABLI JIWARIKA FAQIHI FITNATAL QOBRI WA ‘ADZABIHI WA ANTA AHLUL WAFA’I WALHAMDI, ALLAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU INNAKA ANTAL GHOFURURROHIM. (Ya Allah Sesungguhnya Fulan bin Fulan hidup dalam janji-Mu dan tali perlindungan-Mu, maka hindarkan ia dari ujian kubur siksa kubur. Engkau yang menepati janji dan terpuji, ya Allah ampunkan baginya dan kasihanilah ia sungguh Engkau maha pengampun dan penyayang). (HR. Abu Dawud).

Demikianlah contoh dan beberapa do’a Rasulullah s.a.w. dalam sholat janazah, selalu Rasulullah s.a.w. dalam berdo’a mengikuti suasana dan perasaan gelora hatinya, supaya do’a itu benar-benar khusyu’ dan tidak menjemukan hingga hilang khusyu’nya.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 85-86.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar