"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 09 Agustus 2014

Kendalikan Amarah

Hasil lebih baik bisa kita dapatkan, bila amarah bisa kita kendalikan. "Sebaik-baik orang itu yang tidak mudah marah dan cepat memaafkan". (HR. Ahmad) Begitu Rasulullah berpesan melalui lisannya nan mulia, amarah itu api yang menyalakan permusuhan, kesombongan dan dendam, tak lagi memandang saudara, ukhuwah, atau sesama Muslim. Amarah pasti melepas kendali kita akan pikiran | lalu hilang kekang kita pada lisan dan perbuatan. "Orang yang kuat adalah orang yang sanggup mengendalikan hawa nafsunya ketika marah". (HR. Muslim). Karena ia menyelamatkan akalnya, bilapun harus marah, janganlah karena diri kita | marah boleh saat aturan Allah dilanggar dan marah atas dosa, dalam riwayat kita tahu Rasulullah tidak pernah marah dalam urusan dunia | beliau baru marah saat aturan Allah dilanggar dan dilalaikan.
Hanya sedikit masalah yang bisa diselesaikan dengan amarah | namun banyak hal yang bisa diselesaikan dengan memaafkan. "..dan mereka (yang takwa) yaitu yang menahan amarahnya dan memaafkan manusia. Allah menyukai kaum yang berbuat ihsan". (QS 3 : 134).
Kendalikan amarah, hidup akan lebih indah. Maafkan manusia, kita yang mulia. (Ustadz Felix Siauw).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar