"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 27 Juli 2014

Walkthrough Final Fantasy 1

Warriors of Light
Final Fantasy 20th Anniversary itulah yang lebih dikenal oleh pengguna PSP untuk game RPG Final Fantasy 1 ini. Di awal game, kita harus memilih spesialis atau job dan nama untuk empat karakter yang akan dimainkan. Tak ada nama default, jadi masukkan nama yang ada  sesukamu. Ada 6 spesialis atau job yang bisa dipilih, yaitu : Warrior, Monk, Thief, White Mage, Black Mage dan Red Mage. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Dalam pembuatan Walkthrough ini, aku memainkan dengan memilih spesialis atau job Warrior, Monk, Thief dan White Mage. Pilihan ini membuat aku memiliki petarung fisik yang hebat meski pada awal permainan hanya mengandalkan magic dari satu karakter saja.
Setelah F.M.V dan pengantar cerita permainan ini di mulai di luar kota Castle Cornelia. Masuklah ke Castle Cornelia dan naik ke lantai 2 lalu bicara dengan King of Cornelia. Ia akan meminta bantuan kalian 4 Satria Cahaya (Warriors of Light) untuk menyelamatkan Putri Sarah yang diculik oleh Garland Sang Pendekar Pedang sebagai imbalannya akan membantu perjalanan kalian ke utara dengan membangun kembali jembatan yang terputus di utara Castle Cornelia. Setelah menerima amanah dari Raja persiapkanlah pasukan dengan modal 500 gil masuki kota Castle Cornelia dan beli item dan equipment yang diperlukan. Jangan lupa membeli magic untuk Mage (White/ Black/ Red) yang ada dalam rombongan kalian. Jika kekurangan uang, kumpulkan uang dengan bertarung di World Map, sekaligus menaikkan level setidaknya sampai level 3 sebelum menuntaskan misi dari raja..
Jika rombongan kalian sudah siap dan cukup tangguh, pergi ke Chaos Shrine di utara dan isenglah mampir di Earthgift Shrine, sebuah gua antara Castle Cornelia dan Chaos Shrine. Sesampainya di Chaos Shrine tempat penyekapan Putri Sarah ambillah Leather Cap, Potion dan Tent di peti harta ruang kiri atas dan kiri bawah. 2 ruang lain di sisi kanan atas dan kanan bawah masih terkunci dengan Mystic Key, jadi tinggalkan saja untuk saat ini. Pergi ke ruangan di tengah, temui dan lawan boss pertama, Garland (HP : 212). Serang dengan serangan fisik bertubi-tubi, ia akan kalah dengan cepat.
Bicaralah dengan Putri Sarah, otomatis kalian akan kembali ke Castle Cornelia. King of Cornelia akan mengatakan bahwa ramalan seorang filosof Lukahn tentang “Warriors of Light” itu benar adanya dan beliau akan memenuhi janjinya membangun jembatan di utara Castle Cornelia. Bicaralah dengan Putri Sarah, ia akan memberikan item Lute (Kecapi) padamu dan tak ada salahnya menemui Queen Jayne ibunda Putri Sarah untuk mendengarkan ucapan terimakasihnya..
Tinggalkan tempat ini dan pergi ke jembatan di utara, akan ada event. Jika kalian pergi ke tanjung di utara, kalian akan menemukan Matoya's Cave. Ambil 2 potion dan antidote di sini. Bicaralah dengan Matoya, ia tengah bersedih karena kehilangan Crystal Eye-nya.
Jika kalian bicara dengan sapu-sapu terbang di rumah Matoya ini, kalian akan mendapat pesan : “Front-words, back-wards, any way you see. Such a strange spell ti swish-swish-aree! Tceles Nottub Hsad. Swish-swish-aroo!” Balik kalimat “Tceles Nottub Hsad”, maka akan terbaca sebagai dasH button selecT. Ini adalah petunjuk untuk melihat World Map (peta). Tahan tombol select untuk melihat peta kapan saja, info yang didapatkan dari sapu terbang ini nggak valid.
Pergi ke kota Pravoka di timur peta, kota ini tengah dikuasai oleh bajak laut. Bicaralah dengan Bikke, pemimpin bajak laut. Ia tengah berdiri di kiri atas kota dan dikawal 2 orang anak buahnya, lalu lawanlah 9 Pirate (@HP : 24). Cukup serang dengan serangan fisik, mereka akan kalah dengan mudah. Kini Bikke akan memberikan kapalnya padamu. Ingat bahwa kapal hanya bisa merapat di dermaga.
Berlayarlah ke Elfheim, kota kaum elf yang ada di benua di selatan Castle Cornelia. Di kota ini kalian akan mendengar bahwa Pangeran negeri ini tertidur sudah 5 tahun karena kutukan Astos, King of the Dark Elves. Beli equipment dan magic di sini, siapkan beberapa antidote karena musuh-musuh diperjalanan akan memberikan efek poison pada kalian. Ada yang menarik, coba periksa batu nisan (gravestone) di makam paling kiri, kalian akan menemukan nama Link, siapakah ia? Beberapa orang mengaitkan dia dengan Elf yang menjadi tokoh utama dalam serial populer Nintendo, Zelda.
Kini tempat yang harus kalian kunjungi. Western Keep ada di barat laut, sebuah reruntuhan istana berkabut dengan kelelawar dimana-mana, temui sang Raja yang tengah kehilangan mahkotanya yang diambil oleh Astos dan disimpan di Marsh Cave dan meminta kalian untuk membantunya demi kejayaan kembali Western Keep. Tujuan petualangan berikutnya adalah Marsh Cave sebuah rawa atau pasir hisap atau apapun sebutannya yang terletak di barat daya benua ini. Di sinilah banyak musuh yang akan menimbulkan efek status poison kelompok kalian.
Di Marsh Cave, mula-mula jalan ke kiri atas dan turun ke B2, ambil Dagger, 620 gil, 680 gil dan Broad Swoard. Kembali ke B1, kali ini ambil jalan ke bawah, masuki sebuah ruangan dan turuni tangga ke B2. Di B2, ambil 600 gil. Masuki pintu di kanan bawah dan turuni tangga ke B3. Ambil Steel Plate, 295 gil, Cottage, Copper Armlet, Phoenix Down dan 385 gil. Di sebuah ruangan, ketika kalian mendekati peti harta muncullah 4 Piscodemon (@HP : 84, resisten Fire, Ice Stone, Paralysis, Poison, Darkness, Sleep, Silence dan Confusion Mind). Lawanlah Monster ini dengan serangan fisik. Setelah mengalahkan mereka, ambil Mahkota (Crown) di peti harta.
Sisa ruangan lain di sisi bawah terkunci dengan Mystic Key, jadi tinggalkan untuk saat ini. Keluarlah dari sini. Kembali ke Western Keep di utara. Setibanya di istana ini segera temui raja di ruangannya. Ternyata ini adalah jebakan dan tipuan, ternyata King of Western Keep adalah jelmaan King of Dark Elves. Crown yang didapat akan melengkapi syarat memperoleh kekuatan yang menguasai dunia setelah sebelumnya mendapatkan Crystal Eye. Lawanlah Astos (HP : 420). Hati-hati, ia menguasai magic Reaper yang bisa membunuhmu dalam 1 serangan! Serang ia dengan serangan fisik sudah cukup. Setelah mengalahkannya, kalian akan mendapat Crystal Eye.
Kembali ke Matoya's Cave dan kembalikan Crystal Eye pada nenek Matoya, ia akan memberi kalian Jolt Tonic sebagai gantinya. Ternyata nenek Matoya itu orangnya judes banget. Kembali ke Elven Castle dan bicara dengan tabibnya Pangeran Elf untuk membangunkannya dengan menyerahkan Jolt Tonic. Pangeran Elf akan sadar dan mengatakan “I am awake and strong again-all because of you. Thank you, Warriors of Light!”, dan ia akan memberi kalian hadiah, Mystic Key.
Kini kalian bisa membuka pintu-pintu yang terkunci dengan Mystic Key. Berikut adalah lokasi pintu-pintu yang dikunci dengan Mystic Key dan item yang akan kalian dapat :
- Elven Castle : Mythril Hammer, 800 gil, 700 gil dan Bronze Gloves.
- Castle Cornelia : Cottage, Saber, Mythril Knife, Tent, Iron Armor dan Nitro Powder(!)
- Chaos Shrine : Rune Blade, Werebuster dan Gold Needle
- Western Keep : Falchion, Power Staff dan Steel Gloves
- Marsh Cave : Silver Armlet, Mythril Knife, 1020 gil
Pergi ke Mount Duerger di barat laut, tempat ini adalah kediaman kaum Dwarf. Di sini ambil 575 gil, 450 gil, Tent, Great Helm, Wyrmkiller, Mythril Mail, 575 gil, Ether dan Cottage.
Smithy di sini akan membuatkanmu pedang jika kalian membawakan logam langka Adamantite. Temui Grandpa Nelic, Dwarf yang ada di sisi selatan gua ini dan berikan Nitro Powder yang di dapat dari ruang yang terkunci dengan Mystic Key di Castle Cornelia padanya, ia akan menggunakannya untuk meledakkan pulau yang akan menjadi kanal sehingga kapal kalian bisa mencapai benua yang lain. Kembali ke kapal kalian dan lewati kanal tersebut.
Seberangi kanal dan pergi ke timur menuju kota Melmond, kalian akan mendengar kabar tentang Vampire yang mengganggu aliran energi bumi. Beli equipment dan magic baru, lalu pergilah ke Cavern of Earth di selatan Melmond sesuai info seorang kakek berbaju merah yang berdiri di dekat Armor Shop.
Sesampainya di B1 Cavern of Earth, ambil 1975 gil, Potion, 880 gil, 795 gil dan Antidote, lalu turun ke B2 lewat tangga di kanan. Di B2 ambil 575 gil, Leather Shield dan 5000 gil di ruangan berisi monster Gnoma. Di ruang lain kalian bisa mengambil Coral Sword, Tent dan 330 gil. Turun ke B3, ambil Sleeping Bag, 3400 gil, 1020 gil dan Potion. Bicara dengan kelelawar di sebuah ruangan, ia akan berubah jadi Vampire (HP : 280, resisten : Quake, Ice, Stone, Paralysis, Poison, Darkness, Sleep, Silence, Confusion Mind dan Death). Serang ia dengan serangan fisik, magic Dia atau Diara. Setelah menang, ambil key item Star Ruby di peti harta. Jalan selanjutnya terhalang oleh Stone Plate.
Pergi ke Giant’s Cave di barat, dan berikan Star Ruby pada Stone Golem yang menghalangi jalan, ia akan berlalu dan kalian kini bisa lewat. Ambil jalan ke bawah dapatkan Mythril Helm, 450 gil, 620 gil dan Great Axe. Keluar lewat tangga di pertigaan yang ada Monster Batunya ambil jalan ke atas, kalian akan kembali ke world map di sisi lain goa.
Lanjutkan perjalanan ke Sage's Cave di selatan Giant’s Cave, dan bicara dengan seorang filosof, Sadda. Ia akan menjelaskan bahwa ada makhluk lain yang menjadi atasan vampire yang telah kalian kalahkan, dan makhluk tersebutlah yang bertanggung jawab atas terganggunya aliran energi bumi. Ia akan memberimu key item Earth Rod.
Kembali ke Cavern of Earth dan pergi ke tempat yang terhalang oleh Stone Plate tadi. Gunakan Earth Rod di sana untuk menghancurkannya, dan turun ke B4. Ambil Staff, 3400 gil, 1450 gil, 1520 gil, 5450 gil, Tent, Mythril Shield dan 1250 gil. Turun ke B5, di sebuah ruangan kalian akan melawan bos Lich the Fiend of Earth (HP : 1200, resisten : Ice, Stone, Paralysis, Poison, Darkness, Sleep, Silence, Confusion Mind dan Death).
Serang ia dengan kemampuan fisik kelompokmu dan andalkan White Mage kalian untuk mengatasi efek yang ditimbulkan lawan. Setelah mengalahkan monster ini, Earth Crystal akan kembali bercahaya dan di jendela menu kalian kristal ini sudah nampak. Ada event yang menjelaskan bahwa ada sebuah tempat dengan pintu tertutup arca besar terbuka dengan kalahnya Lich, tempat itu adalah Earthgift Shrine (terletak antara Castle Cornelia dan Chaos Shrine). Gunakan teleporter di belakang berdirinya Lich untuk keluar dari goa ini.
Kembali ke kapalmu, berlayarlah di samudera luas temukan dermaga di tenggara benua yang ada kota Pravoka, kemudian berlayarlah ke selatan sampai bertemu dengan dermaga yang berada disisi selatan sebuah tanjung di salah satu benua lalu ke berjalanlah ke barat untuk mencapai Crescent Lake, sebuah kota yang indah penuh sungai-sungai mengalir di dalam kota, sebuah kota dengan ciri geografis terletak di tengah danau berbentuk bulan sabit. Toko di sini menjual equipment dari Mythril dan Magic Shop level 6, belilah Potion yang banyak. Lalu temui Twelve Sage dan Lukhan yang ada di dalam hutan timur kota lewatlah jalan di lorong antara White Magic Shop dan Black Magic Shop lalu pergi kearah timur seberangi jembatan ikuti jalan hutan satu satunya arah menuju Twelve Sage termasuk Lukhan berkumpul, bicaralah dengan mereka dan mereka akan menceritakan tentang kristal kekuatan Four Great of Crystals dan Four Fiend of Chaos. Dan mereka meminta kalian Warriors of Light untuk menjalankan tugas ini, karena kalian ber-empatlah yang mampu menuntaskan tugas tersebut. Salah satu Filosof sebelah kiri Lukhan atau sebelah kanan kalian akan memberimu Canoe, untuk menyusuri sungai menuju Mount Gulg di barat laut Crescent Lake. Ber-canoe-lah dari sungai yang ada di utara Crescent Lake, melaju kearah barat sampai bertemu pertigaan pergilah keutara, dari sini jalannya jelas karena bila ada percabangan salah satunya mesti buntu, akhirnya ketemu dengan pertigaan yang terakhir pilih arah ke barat dan jalan mengarah ke selatan dan sampailah di sebuah gunung berapi di tengah danau masuklah ke gua disisi selatan gunung berapi. Di sini kalian akan dihadang oleh area lahar yang akan mengurangi HP kalian tiap langkah (ini salah satu manfaat bekal Potion yang banyak, meski kalian takkan mendapat encounter jika melintas di sana), pilih saja jalanan yang berbatu.
Turun ke B2 lewat tangga di kiri atas, ambil Mythril Helm, 4150 gil, 1520 gil, Potion, Tent, Mythril Gloves, 1520 gil, 19750 gil, 1455 gil, Antidote, 1760 gil, Mythril Shield, Mythril Axe, potion, 795 gil, 750 gil dan Phoenix Down. Lintasi lahar untuk mencapai tangga menuju B3 di kanan bawah, jalan ke kanan melintasi lahar untuk menemukan tangga menuju B4, dan lintasi lahar lagi untuk menemukan tangga menuju B3 di kanan bawah. Temukan tangga menuju B4 di kiri bawah. Di B4, ambil Gold Needle, 2750 gil, 1760 gil, 10 gil, 155 gil, Cottage, 2000 gil, Ice Brand, Staff, 1250 gil, 7340 gil, 880 gil dan Flame Shield. Turun ke B5 lewat tangga di selatan. Di ruangan sebelah kiri, lawan Red Dragon untuk mengambil Flame Mail. Lalu pergi ke ruangan di kiri bawah, temui dan lawan boss Marilith (HP:1440, , resisten : Fire, Lightning, Stone dan Poison; kelemahan : Paralysis, Darkness, Sleep, Silence dan Confusion Mind). Gunakan serangan fisik dan item yang di dapatkan dalam perjalanan yang menimbulkan status paralis padanya, lalu serang dengan serangan fisik Warrior, Thief dan Monk.
Setelah mengaktifkan Fire Crystal, gunakan teleporter untuk keluar dari sini. Kembalilah ke Crescent Lake, seorang pria yang tadi tidur di dekat makam sebelah utara Weapons Shop akan memberi info tentang Levistone.
Kembali ke kapalmu dan berlayarlah ke dermaga tenggara kota Pravoka. Pergi ke sungai yang bertemu dengan laut di barat daya dermaga. Untuk mencapai Cavern of Ice, ber-canoe-lah ke barat, dipersimpangan sungai ambil jalur arah utara yang pertama, teruslah ke barat lalu ke selatan sampai bertemu  pertigaan, jangan ambil arah yang terus ke selatan karena akan menuju Whisperwind Cove, ambillah arah ke barat terus susuri kelokan sungai sampai bertemu daratan dan temukan Cavern of Ice.
Turun ke B2, lalu turun lagi ke B3 lewat tangga di kiri bawah, dan naiki tangga ke B2. Pergi ke sebuah ruangan, periksa lantai dan hindari lantai yang ada retakan (warnanya berbeda). Ambil shirt dan flame sword, baru jatuhkan diri lewat jebakan. Kalian akan tiba di ruangan kecil di B3. Di sini ada area es beku seperti duri yang akan mengurangi HP kalian setiap langkahnya. Ambil Ice Armor dan Mythril Gloves di ruangan sebelah kiri, sebelumnya kalian harus melawan White Dragon (HP : 200, resisten : Quake, Ice, Stone dan Poison; kelemahan Fire dan Lightning). Kembali dan teruskan ke bawah. Di ruangan kiri bawah kalian bisa mengambil 7900 gil, 9900 gil, 5454 gil, 5000 gil, 180 gil dan 12350 gil. Naiklah ke B1 lewat tangga di kanan bawah, ambil Potion dan 10000 gil. Di ruangan yang panjang, hindari dulu jebakan di lantai dan ambil 9500 gil, Ether dan Ice Shield. Setelah mengambil semua harta tersebut, jatuhkan diri lewat lubang jebakan 2 petak di depan peti harta yang berisi Ice Shield tadi, maka kalian akan tiba di B2 yang ada kristal putihnya. Periksa kristal tersebut untuk mendapat key item Levistone, jatuhkan diri untuk kembali ke B3 dan keluar dari sini.
Kini jika kalian bicara dengan kedua Elf di Elfheim yang berbaju biru, yang di dekat Armor Shop akan menceritakan kehebatan Levistone, dan satunya yang berdiri di dekat Black Magic Shop akan mengatakan bahwa Levistone tertidur di utara Crescent Lake, mereka akan menyuruhmu menggunakan Levistone tersebut di padang pasir di dekat Crescent Lake. Pergi ke gurun di selatan Crescent Lake, Ryuken Desert dan lihat F.M.V di sana, munculnya Airship. (Note : Hal pertama yang harus kalian lakukan setelah mendapatkan Airship adalah terbang mengelilingi dunia. Cobalah mengenali tempat-tempat yang tak memiliki dermaga, ini akan membantu menyelesaikan misi-misi selanjutnya. Ingat Airship hanya bisa mendarat di padang rumput. Kalian tak bisa mendaratkannya di hutan, rawa, air, kebun bunga atau gurun).
Pergilah ke Gaia, di sini kalian bisa membeli magic level 7 dan 8, serta equipment baru. Kalian akan mendengar kabar tentang Oxyale yang hanya bisa dikumpulkan oleh Faerie, namun Faerie di sini telah dijual pada pedagang berkaravan.
Pergilah ke Dragon Cave, tempat kediaman kaum naga. Dari Melmond terbanglah ke selatan dan mendaratlah di gugusan pulau yang ada semacam pasir hisap-nya. Area ini tersebar sepanjang pulau-pulau di berjejer di selatan. Ambil Tent, Ether, gold needle di pulai pertama, terbang lagi ke barat di pulau kedua disini kalian akan diperingatkan oleh para naga untuk menemui Bahamut, ia akan meminta kalian membuktikan diri di Citadel of Trial, sementara itu ambil item Elixir, 500 gil dan Cottage di peti harta, tapi jangan salah masuk karena salah satu lubang adalah Hellfire Chasm, sebuah lubang yang ada hubungannya dengan kemenangan kalian atas Fiend of Fire. Di pulau ketiga tidak menemukan apapun, lanjutkan ke pulau ke empat yang dikelilingi hutan, masuklah dan ambil item di peti harta X-Potion, 9500 gil, 2750 gil, 1520 gil, 2750 gil, 2000 gil, 1455 gil dan Dry Ether. Di pulau paling utara dengan ber-geografi hutan dan terdapat 2 pasir hisap salah satunya terdapat singgasana sang raja naga, Bahamut. Ia akan meminta kalian membuktikan keberanian di Citadel of Trial. Terbanglah ke timur laut kepulauan Dragon Cave, untuk mencapainya kalian harus mendaratkan Airship di tanjung di barat laut Citadel of Trial, dan berjalan memutar untuk mencapai Citadel of trial.
Bicaralah dengan seorang lelaki di tengah lingkaran pilar. Setelah ia menghilang, masuki ruangan di kiri atas dan periksa kursi tahta untuk diteleport ke 2F. Gunakan teleporter-teleporter di sini untuk melanjutkan perjalanan, hati-hati karena beberapa teleporter akan mengembalikan kalian ke area sebelumnya, konsentrasi. Di ruang kiri atas kalahkan Clay Golem (HP : 176, resisten : Fire, Lightning, Ice, Stone, Paralysis, Poison, Darkness, Sleep, Silence, Confusion Mind dan Death) sebelum mengambil Gauntlet. Jalan ke bawah dari ruang tersebut, gunakan teleporter ketiga untuk mencapai ruang kanan bawah dan naik ke 3F. Ambil Healing Staff, Ruby Armlet, Ice Brand, Steel Gloves, Cottage, 1455 gil dan 7340 gil. Terakhir ambil item peti harta Rat’s Tail di kanan bawah, lalu periksa kursi tahta untuk kembali ke 1F. Tinggalkan tempat ini dan kembalilah ke Dragon Cave temui Bahamut, ia akan meningkatkan kelas kalian. Kalian bisa membeli magic-magic untuk kelas baru kalian dan lihatlah seragam kalian sudah seperti seorang satria.
Pergilah ke Onrac, kota di barat laut peta. Kota ini dikelilingi oleh hutan lebat. Untuk mencapai kota ini, kalian harus mendarat di padang rumput di dekat gurun. Bicaralah dengan seorang gadis, ia akan memberitahu bahwa ayahnya ikut karavan yang kini berada di dekat hutan di gurun. Seorang pemuda bernama Koppe yang berdiri dekat dermaga di sisi utara juga mengatakan bahwa ia melihat sesosok robot yang melayang jatuh di utara. Lalu berjalan kakilah kalian ke timur dan seberangi jembatan. Di kota ini kalian bisa membeli magic level 7. Seorang gadis yang berdiri di dermaga akan meminjamkan kapal selam (Barrel) buatannya jika kalian memiliki Oxyale.
Pergilah ke timur Onrac dengan Airship temukan padang pasir yang luas dengan sebuah padang pasir kecil yang ada hutannya, berhenti di padang rumput lalu masuklah ke wilayah padang pasir kecil dan temukan pedagang caravan disana lalu belilah “Bottled Faerie” darinya seharga 50000 gil. Kembalilah ke Gaia dan lihat event di mana peri itu terbang kearah kanan atas kota dan pergi ke mata air yang ada di timur laut kota Bicaralah dengan Faerie, ia akan memberikan item Oxyale pada kalian.
Kembali ke Onrac dan bicara dengan wanita di dermaga. Lalu gunakan Barrel untuk mencapai Sunken Shrine.
Sesampainya di istana bawah laut “Nyi Roro Kidul” Sunken Shrine. Kalian bisa ambil 9900 gil dan 2000 gil. Naik ke 4F lewat tangga di kanan atas, ambil Mage Staff, 1235 gil, 20 gil, Light Axe dan Diamond Armor. Naik ke 5F lewat tangga kanan bawah, ambil 9000 gil, 1760 gil, Diamond Armlet, 2750 gil, 4150 gil, 10000 gil, 10 gil, Antidote, Diamond Shield, 5000 gil, Diamond Helm, Diamond Gloves dan key item Rosetta Stone. Di hampir semua ruangan di tempati para Mermaid, kalian juga bisa bicara dengannya untuk sekedar menggali informasi.
Kembali ke 3 F dan kini turun ke 2F lewat tangga di kiri atas, lalu naik ke 3F lewat tangga di kanan atas. Naik ke 4F, lalu turun ke 3F lewat tangga di pojok kanan bawah. Ambil 110 gil dan 450 gil di ruangan, lalu turun lagi ke 2F. Putari seluruh ruangan dan ambillah 8135 gil, 7690 gil, 5450 gil, 385 gil, Giant's Gloves, Light Axe, 2750 gil, 9900 gil, Ribbon, dan 7340 gil. Lalu gunakan tangga di kanan atas untuk mencapai 1F, berlatih dengan Kraken (HP: 1800, resisten : Quake dan Fire; kelemahan Lightning). Equipkan Armor terbaik pada rombongan kalian dan gunakan magic Haste dan shield-shield pada karakter kalian untuk mengatasi serangan magic Kraken. Serang ia dengan serangan fisik dan semua magic, kecuali yang berbasic Fire.
Setelah mengkondisikan Water Crystal, gunakan teleporter untuk keluar dari istana bawah laut “Nyi Roro Kidul” Sunken Shrine. Pulihkan diri, dan belilah item seperlunya di Onrac, lalu pergilah ke sungai di balik bukit barat Onrac susuri ke utara dengan canoe, masuki air terjun untuk mencapai Waterfall Cavern.
Jelajahi jalanan di sisi kiri setiap percabangan hanya satu yang akan menuju pada ruangan yang berisi peti harta yang dijaga oleh Robot, Bicaralah dengan robot tersebut, karena ia sudah lama menunggu kedatangan kalian, dan dia akan menyerahkan sebuah item yang disebutnya “CUBE TIAMAT”, key item Warp Cube telah ditangan dan ambil juga item di peti harta, Spellbinder, Ribbon, 13450 gil, 6400 gil, 5000 gil dan Defender Sword. Lalu keluar dari air terjun.
Terbanglah ke Melmond, temui Dr.Unne, ia akan mengajari kalian bahasa Lufenia. Untuk mencapai Lufenia, kalian harus mendarat di area sempit di utara hutan, lalu berjalan kaki melintasi hutan menuju selatan. Di kota ini seperti gambaran surga yang penuh taman, air, bunga dan tetumbuhan, galilah informasi dari “Malaikat” yang ada di “Syurga” ini, salah satu “Malaikat” akan memberi kalian key item Bell. Kembali ke Airship dan daratkan Airship di padang rumput di selatan gurun, lalu berjalanlah ke Tower of Mirage di tengah gurun.
Di lantai pertama, ambil 800 gil, Healing Helm, 10010 gil, 3400 gil, Vorpal Sword, Aegis Shield, 2750 gil, dan Tent. Naik ke 2F lewat tangga di selatan. Ambil 8135 gil, Dragon Mail, 10000 gil, Sunblade, 7600 gil, Cottage, 13000 gil, 7900 gil, Thor's Hammer dan 12350 gil.
Di 3F, saat memasuki ruangan kalian akan dihadang Blue Dragon. Kalahkan lalu gunakan teleporter untuk mencapai Flying Fortress. Di kota terbang ini, ambil 7900 gil, 9900 gil, Potion dan 4150 gil di ruang sebelah kiri. Di ruangan sebelah kanan ambil 5000 gil, Protect Ring, 6720 gil, Healing Helm dan 100 gil. Ambil juga Venom Blade di ruangan di bawah. Lalu gunakan teleporter di utara.
Di 2F, ambil Cottage dan Mythril Helm di ruang kiri atas. Di ruang kiri, ambil 880 gil dan 13000 gil. Di ruang kiri bawah kalian bisa mendapat key item Adamantite. Ambil Diamond Gloves di ruang kanan atas, Diamond Shield dan Ribbon ada di ruang kanan. Juga ambil White Robe dan Black Robe di ruang kanan bawah. Lalu gunakan teleporter di selatan untuk mencapai 3F.
Di 3F kalian bisa menengok ke world map lewat jendela di tengah ruangan. Ambil 4150 gil, Gold Needle, 3400 gil dan Sasuke di ruang kiri. Di ruang utara ambil 9000 gil, Protect Ring, Potion dan 5450 gil. Di ruang kanan ambil 6400 gil, Gold Needle, Shirt, 9500 gil, Protect Cloak dan 8135 gil. Di selatan hanya ada ruang berisi komputer. Gunakan teleporter di kiri untuk mencapai 4F.
Ruangan di 4F ini bisa menyesatkanmu jika kalian tak paham cara melaluinya. Cara mudah untukm melaluinya adalah dengan berjalan ke kiri 2 persimpangan, lalu ke atas 2 persimpangan sampai menemukan teleporter, gunakan untuk mencapai 5F.
Kini temui dan lawan bos Tiamat (HP: 2000, kelemahan Stone). Cobalah menggunakan magic Break/ Poison atau atau gunakan serangan fisik dengan Venom Sword untuk menang dengan mudah.
Kini keempat kristal telah pulih kembali. Gunakan teleporter untuk meninggalkan tempat ini. Pergilah ke Mount Duerger, dan bicara dengan Smithy, ia akan menempa logam Adamantite menjadi Excalibur, pedang terkuat kedua digame ini.
Pulihkan dan persiapkan diri kalian, naikkan level jika perlu. Beli semua magic dan item yang diperlukan, bawa sebanyak mungkin potion dan berhematlah dengan MP kalian. Tujuan berikut adalah Chaos Shrine. Bicaralah dengan kelima kekelawar, lalu periksa Black Crystal, kalian akan diteleport ke Past Temple of Chaos - Chaos Shrine di masa 2000 tahun lalu.
Di sini temukan tangga ke 2F di kanan bawah, dan teruskan ke 3F. Capai sebuah ruangan dengan stone plate, lawan monster di sana dan ambil 45000 gil dan 65000 gil di peti. Lalu gunakan key item Lute pada Stone Plate.
Turun ke 2F lewat jalan yang terbuka, lalu turun lagi ke 1F lewat tangga di kiri atas. Turun lagi ke B1 lewat tangga di pojok kiri. Bi adalah Earth Floor, musuh-musuh di sini mirip dengan di Terra Cavern. Pergi ke tangga di pojok kanan bawah, kalian harus mengalahkan Lich (HP:1000). Kali ini ia kuat terhadap magic Fire, lindungi kelompok kalian dengan Haste dan serang dengan serang fisik atau magic Dia atau Diara. Setelah mengalahkannya, turun ke B2 (Fire Floor), musuh-musuh di sini mirip dengan di Mount Gulg. Ambil Protect Ring, Sasuke, Protect Cloak dan 26000 gil di lantai ini. Sebelum turun ke B3, kalian akan dihadang Marilith (HP: 1400). Seperti halnya Lich, ia juga semakin kuat, lindungi kelompok kalian dengan Haste dan serang dengan serangan fisik. Gunakan magic Invincible atau magic shield-shield yang kalian punyai. Turun ke B3 (Water Floor), musuh di sini mirip dengan di Sunken Shrine. Pergi ke tangga di kanan bawah, kalian akan dihadang Kraken (HP: 1800). Gunakan magig Haste pada petarung fisikmu untuk meningkatkan daya serangnya. Turun ke 4F (Wind Floor), di sini kalian akan dihadang musuh-musuh dari Flying Fortress. Ambil pedang terkuat Masamune di ruangan kanan bawah, equipkan pada Knight atau Ninja. Kembali dan kali ini jalan ke tangga di kanan atas, ditengah perjalanan kalian akan dihadang Tiamat (HP : 2200).
Gunakan strategi seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Lanjutkan perjalananmu ke B5, dan masuki ruangan di tengah. Pulihkan diri kalian sebelumnya, dan kalian akan bertemu Garland untuk yang kedua kali dan kebencian telah menguasainya, kalian harus melawan wujud barunya, Chaos (HP : 4000).
Yupz… akhirnya bertemu dengan dalang kerusuhan, Chaos. Dan ia menguasai banyak magic-magic tangguh. Gunakan Haste pada petarung fisik, semua Magic-Null dan shield-shield pada karakter kalian. Equipkan Masamune pada Knight, terus tingkatkan status dengan Haste, dan biarkan ia menyerang dengan serangan fisik.
Setelah mengalahkannnya, nikmati endingnya. Kalian akan membuka menu baru, yakni Photo Gallery, dimana kalian bisa melihat cuplikan image game ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar