"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 13 Juli 2014

Israel Serang Masjid di Gaza

POSTMETRO. Serangan udara Israel yang menargetkan kelompok Hamas, Israel rupanya juga menimpa masjid di wilayah Gaza. Israel berdalih, masjid yang diserang merupakan tempat persembunyian senjata kelompok tersebut.
Kelompok Hamas menyebut, serangan itu merupakan kali pertama yang menimpa rumah ibadah umat muslim.
“Pemboman dua masjid di Gaza semalam menunjukkan bagaimana barbar musuh ini dan betapa mereka memusuhi Islam,” kata juru bicara Hamas Husam Badran di Doha, Qatar seperti dikabarkan Associated Press pada Sabtu (12/7).
“Terorisme ini memberikan kita hak untuk memperluas respon untuk mencegah penjajah ini, ” sambungnya.
Sementara itu Israel merilis sebuah foto udara yang menunjukkan bahwa masjid yang terletak di tengah rumah penduduk itu merupakan tempat persembunyian roket. Israel menyebut, Hamas secara sistematis menggunakan taktik tersebut, menyalahgunakan tempat ibadah untuk menyembunyikan senjata dan membangun terowongan bawah tanah.
Hal itu, klaim Israel, menunjukkan bahwa Hamas telah secara sengaja membahayakan warga sipil Palestina.
“Teroris Hamas secara sistematis mengeksploitasi dan memilih untuk menempatkan warga Palestina di Gaza dalam bahaya dan terus mencari posisi mereka di antara daerah-daerah sipil dan masjid, membuktikan sekali lagi mereka mengabaikan kehidupan manusia dan tempat-tempat suci,” kata juru bicara militer Israel, Peter Lerner.
Menurut keterangan militer Israel, kelompok Hamas di Gaza telah menembakkan sekitar 700 roket ke wilayahnya selama pertempuran lima hari terakhir. Sedangkan Israel melayangkan lebih dari 1.100 serangan ke wilayah Gaza.
Israel mengklaim serangan yang dilakukan menargetkan pusat komando Hamas, manufaktur senjata, fasilitas pengamanan, serta menghancurkan militan yang menyerang.
Namun pada kenyataannya, hingga Sabtu (12/7), jumlah korban tewas di Jalur Gaza mencapai lebih dari 120 orang dan melukai 920 lainnya. Sebagian besar dari mereka merupakan warga sipil dan anak-anak. [mel]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar