"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 14 November 2013

ASH-SHABUURU

ASH-SHABUURU (الصَّبُوْرُ) artinya Yang Maha Penyabar, dan tidak tergesa-gesa memberikan siksaan dan tidak pula cepat-cepat melaksanakan sesuatu sebelum waktu yang ditentukan, atau bahwa maksiat makhluk tidak menghalangi mereka dari menikmati karunia-karunia الله سبحانه وتعالى yang melimpah-limpah.
Demikianlah kesabaran الله سبحانه وتعالى, terhadap hamba-hamba-Nya. Mengapa manusia itu banyak juga yang tak mau mendekatkan dirinya kepada Allah.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ash-Shafat 102 yang artinya :
“Tatkala anak itu pandai berusaha (besar) berkata Ibrahim kepadanya : hai anakku! aku bermimpi dalam tidur, seolah-olah aku menyembelih engkau, maka perkatikanlah, bagaimana pendapat engkau? Sahut anaknya : Hai bapaku, perbuatlah apa yang disuruh itu (yaitu menyembelih dia sendiri), engkau bakal melihat hamba Insya Allah, berhati sabar.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 115 yang artinya :
“Hendaklah engkau bersabar, sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbakti.”

Dengan dalil-dalil ini, mengertilah kita bahwa الله سبحانه وتعالى menyukai orang-orang yang bersabar dan الله سبحانه وتعالى sendiri mempunyai sifat sabar yang juga sekaligus termasuk nama-Nya Yang Mulia pada Asma-ul Husna.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 102-103.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 53.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar