"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 07 November 2013

SHOLAT DUA HARI RAYA (6)

Dari Ibnu Umar r.a.. ia berkata : “Adalah Rasulullah s.a.w., Abubakar dan Umar (melakukan) sholat dua Hari Raya sebelum khutbah.” Muttafaq’alaih.

Dari Ibnu Abbas r.a. : “Bahwasanya Nabi s.a.w. sholat hari Raya dua raka’at, tidak sholat apa-apa sebelumnya dan sesudahnya.” Dikeluarkan oleh Imam yang Tujuh (Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa'i).

Dan dari padanya pula r.a.; “Bahwasanya Nabi saw. sholat Hari Raya tanpa adzan dan qamat”. Dikeluarkan oleh Abu Daud dan asalnya dari Bukhary.

Dari Abu Sa’id r.a ia berkata : ” Adalah Nabi s.a.w. tidak sholat apa-apa sebelum sholat Hari Raya itu, tapi apabila beliau kembali ke rumahnya beliau sholat dua raka’at” Dikeluarkan oleh Ibnu Majah dengan sanad yang hasan.

Dan dari padanya pula r.a. ia berkata; Adalah Nabi s.a.w. keluar pada hari Raya Fithri dan Adl-ha ke musholla, dan yang mula-mula beliau lakukan ialah sholat, kemudian pergi dan berdiri menghadapi manusia (jama’ah), sedang mereka itu tinggal pada barisannya (pada tempatnya masing-masing), lantas beliau memberi nasihat dan perintah kepada mereka.” Muttafaq ‘alaih.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 180-181.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar