"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 16 November 2013

SHOLAT GERHANA (3)

Dari Ibnu ‘Abbas r.a., ia berkata; “Telah terjadi gerhana matahari di zaman Rasulullah saw., maka Rasulullah sholat dan berdiri lama kira-kiia seperti lamanya membaca surat Al-baqarah, kemudian beliau ruku’ dengan ruku’ yang lama, kemudian bangkit dan berdiri lama tapi kurang dari berdiri yang pertama kemudian beliau ruku’ lagi dan ruku’nya lama, hanya kurang dari ruku’nya yang pertama kemudian beliau sujud, kemudian beliau berdiri lagi dengan berdiri yang lama, hanya kurang dari berdiri pada raka’at pertama, kemudian beliau ruku’ yang lama, hanya kurang dari ruku’nya pada raka’at pertama, kemudian beliau bangkit dan berdiri lama, hanya kurang dari berdirinya yang pertama kemudian beliau ruku’ dengan ruku’ yang lama, hanya kurang dari ruku’nya yang pertama, kemudian beliau bangkit lantas sujud, kemudian beliau pergi sedang matahari sudah terang kembali, dan beliau berkhutbah di depan orang-orang (jama’ah)”. Muttafaq ‘alaih, dan ini adalah lafadh Bukhary. Dan pada sebuah riwayat Muslim : “Beliau sholat delapan kali ruku’ dalam empat kali sujud tatkala gerhana matahari.”
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 184-185.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar