"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 14 November 2013

Stasiun Alastuwa

Wikipedia. Stasiun Alastuwa (ATA) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kelurahan Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kotamadia Semarang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +6 meter dan pada koordinat 6° 59' 3.88" Lintang Selatan, 110° 28' 32.92" Bujur Timur, ini termasuk dalam DAOP IV Semarang. Peron stasiun ini berbentuk pulau. Stasiun ini dapat terlihat dari jalur alternatif Pedurungan – Sayung di jembatan layang Jl. Raya Bangetayu-Pedurungan ke arah timur.
Terdapat 4 jalur di Stasiun Alastuwa. 1 jalur masih menggunakan bantalan kayu, 2 jalur masih menggunakan bantalan besi, dan 1 jalur sudah menggunakan beton.
Stasiun Alastuwa biasa menjadi tempat perhentian bagi kereta api dari arah timur yang hendak ke barat apabila Stasiun Semarang Tawang tergenang banjir atau jalurnya tengah penuh maupun terjadi kemacetan parah di Jl. Raya Kaligawe.

Pencapaian ke Stasiun Alastuwa
Traveler Note TravelNusa (Traveler Nusantara, Travelling Nusantara). Untuk mencapai lokasi stasiun sekarang jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Jika kita berada di Jl. Kaligawe dari arah barat kita bisa ambil jalan ke kanan setelah perlintasan jalur kereta api mengikuti Jl. Mukti Harjo Raya dan Jl. Bangetayu Raya. Jika kita berada di Jl. Kaligawe dari arah timur kita bisa ambil jalan ke kiri setelah traffic light Jl. Kaligawe – Jl Genuksari-Karangroto terus ikuti Jl. Raya Genuk – Pedurungan sampai bertemu dengan wilayah Bangetayu sebelum jalan layang Jl. Raya Bangetayu-Pedurungan. Dan jika kita berada di Jl Arteri Soekarno-Hatta dan Jl. Brigjend Sudarto temukan Jl. Woltermongonsidi dilanjut Jl. Pedurungan-Genuk sampai ketemu jalan layang Jl. Raya Bangetayu-Pedurungan dan ketika berjalan di atas jalan layang tenggoklah kekanan maka wujud stasiun Alastuwa sudah terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar