"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 01 November 2013

SHOLAT KHAUF (4)

Khauf = takut, sholat khauf = sholat di dalam takut, sholat di dalam perang,

Dari Hudzaifah r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. pernah sholat khauf bersama mereka (rombongan ini) satu raka’at, dan bersama mereka (rombongan itu) satu rakaat, dan mereka itu tidak mengqadlanya”. Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, Nasa’i dan disahkan oleh Ibnu Hibban.

Rasulullah s.a.w. (Imam) sholat dua raka’at, sedangkan makmum masing-masing sholat hanya satu raka’at. dan mereka tidak menambahnya satu rakaat lagi. Jadi sholat khauf itu ada beberapa macam cara yang dilakukan oleh Rasulullah s.a.w. bersama shahabat-shahabatnya. Dan dalam peperangan yang menggunakan peluru kendali dan senjata-senjata modern seperti sekarang ini, sholat khauf harus dilakukan menurut keadaan (sedapat-dapatnya) berdasarkan sabda Nabi s.a.w. : “Apabila aku perintahkan sesuatu kepadamu, maka lakukanlah perintah itu sedapat-dapatnya kamu lakukan”.

Dan dalam riwayat Ibnu Khuzaimah seperti itu pula, dari Ibnu ‘Abbas r.a.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 177-178.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar