"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 26 Maret 2013

SYARAT-SYARAT SHOLAT (10)

Dari Abu Qatadah, ia berkata ; Adalah Rasulullah s.a.w. sholat sambil menggendong Umamah binti Zainab (cucunya), dan apabila sujud, beliau letakkan anak itu, dan apabila berdiri, beliau dukung lagi anak itu. Muttafaq ‘alaih, dan dalam riwayat Muslim : “Sedangkan beliau mengimami orang-orang di mesjid”.

Tidak halangan (tidak membathalkan sholat) membunuh ular dan kalajengking, dan menggendong anak sambil sholat. Adapun yang berpendapat, bahwa menggendong anak itu adalah khusus buat Rasulullah s.a.w, saja, samasekali tidak beralasan.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata ; Rasulullah s.a.w. bersabda : Bunuhlah dua (macam binatang) yang hitam di dalam sholat, ular dan kalajengking”. Dikeluarkan oleh Imam yang Empat (Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa’i) dan disahkan oleh Ibnu Hibban
-----------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 85-86.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar