"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 03 Maret 2013

CURUG SEMIRANG UNGARAN

WISATA ALAMTravelNusa (Traveler Nusantara). Di Kabupaten Semarang tidak banyak menampilkan wisata alam, salah satu yang bisa dinikmati adalah Curug Semirang yang memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter dan berada di lereng kaki Gunung Ungaran.  Wana Wisata air terjun ini memiliki luas sekitar 10 Ha dan dikelola oleh Perum Perhutani. Letaknya tepat di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Tepatnya pada titik koordinat GPS: 7°9'59"S   110°22'51"E.

AKSESBILITAS
Berjarak sekitar 7 km dari kantor Bupati Semarang kurang lebih 30 menit menit jarak tempuh atau yang berada di Semarang sekitar 25 km dari pusat kota.. Untuk mencapai lokasi ini, dari kota Ungaran dipertigaan Hotel Ungaran Cantik (di jalan raya Semarang - Solo) masuk ke kanan melewati STIKES Ngudi Waluyo lalu naik ke kanan ke arah gunung.  Selanjutnya selepas persawahan akan ditemui jalan yang terjal mendaki (yang berarti telah sampai ke kaki gunung).  Diperlukan kehati- hatian  walaupun jalannya cukup halus.
Setelah melewati beberapa dusun, akan sampai di tempat parkir di depan makam Desa Gogik.  Tempat parkir ini sangat sederhana karena sebenarnya hanya merupakan lahan penduduk yang dipagari dan dijaga oleh Karang Taruna setempat. Biaya masuk (pada awal triwulan pertama tahun 2013, tepatnya bulan Maret) Rp. 5.000,- /orang masuk lokasi wisata.
Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menanjak sekitar 500 meter menuju pintu gerbang dengan menyusuri sebuah sungai kecil yang sebenarnya ujung dari sungai ini adalah di air terjun.
Menuju lokasi Curug Semirang jangan berharap ada angkutan umum disini, sebaiknya gunakan sepeda motor atau mobil sendiri atau sewaan. Bagi TravelNusa (Traveler Nusantara) yang menggunakan sepeda motor masih dimungkinkan melaju hingga pintu gerbang, namun harus ekstra hati-hati karena jalan berupa makadam dan sebagian masih tanah yang licin.
Dan akhirnya dari pintu gerbang perjalanan untuk mencapai Curug Semirang dilakukan dengan berjalan kaki mendaki jalan setapak sepanjang kurang lebih 1 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit atau lebih.

FASILITAS DAN AKOMODASI
Setelah melewati loket tiket ikuti saja papan penujuk arah menuju Curug Semirang, arah sebelah kiri. Jangan berharap menemukan papan penunjuk arah bertebaran dimana-mana, gunakan saja nalurimu sebagai petualang alam, nikmati suasana udara dan suara alam yang menenduhkan jiwa. Tanda-tanda yang bisa memandu kearah Curug Semirang, yang pertama kamu temukan sebuah Gazebo (Pos I) dan lapak pedagang. Ikuti saja jalan tanah dan kadang berbatu, jika bertemu dengan pertigaan ambil saja arah jalan kekiri, karena yang kekanan menuju hutan. Terus saja telusuri jalan dan kamu akan bertemu lagi dengan sebuah lapak pedagang disana. Perjalanan baru setengahnya, teruslah ikuti jalan setapak sampai ketemu dengan sebuah Gazebo (Pos II) dan toilet yang tidak terurus. Temukanlah sebuah sungai dangkal, seberangi dan bersiaplah atur nafasmu karena jalan akan mulai mendaki dengan sudut kemiringan 45 – 60 derajat. Berhati-hatilah karena jalanan sangat sempit dan berbatasan langsung dengan tebing, jika kamu melihat sekumpulan atap lapak pedagang itu tandanya sudah mendekati tujuan. Selamat bermain air dan melunasi kepenatanmu di curug ini. Jika kantong kalian pas-pasan sebaiknya bawa bekal sendiri dari rumah atau beli di jalan sebelum sampai lokasi, karena disini harganya sedikit lebih mahal dari harga diluar lokasi.