"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 26 Februari 2013

WAKTU SHOLAT (2)

Dari Abu Barzah Al-Aslamiyyi r.a., ia berkata ; “Adalah Rasulullah s.a.w. sholat ‘Ashar, kemudian seseorang dari antara kami kembali ke tempat kediamannya di ujung Madinah sedangkan matahari masih hidup (amat panas), dan beliau suka mengakhirkan ‘Isya, dan beliau tidak suka tidur sebelumnya dan tidak suka bercakap-cakap sesudahnya; dan beliau selesaikan sholat Shubuh tatkala seseorang bisa mengenal yang di sebelahnya (kawannya), dan adalah beliau membaca 60 sampai 100 (ayat)”. Muttafaq ‘alaih.

Dan menurut riwayat Bukhari Muslim pula dari Jabir r.a. ; “Dan sholat ‘Isya, kadang-kadang beliau lekas-lekas mengerjakannya, dan kadang-kadang mengakhirkannya, apabila beliau melihat mereka (para ma’mum) telah berkumpul beliau segerakan, dan apabila beliau melihat mereka terlambat, beliau mengakhirkannya; dan Shubuh, beliau laksanakannya di waktu masih gelap”.

---------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 61.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar