"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 07 Februari 2013

URUSAN JENAZAH (21)

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata ; Adalah Rasulullah s.a.w. apabila beliau menyembahyangkan jenazah, beliau mendo’a : (yang artinya): “Ya Allah ampunilah orang-orang yang hidup di antara kami, dan yang mati di antara kami, yang menyaksikan dan yang gaib, dan yang kecil dan yang besar di antara kami, laki-laki dan perempuan. Ya Allah, orang-orang yang Engkau hidupkan di antara kami, hidupkanlah dia dalam agama Islam, dan orang-orang yang Engkau matikan di antara kami, matikanlah dia dalam iman. Ya Allah janganlah Engkau jauhkan pahalanya dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kami sesat sesudahnya”. Diriwayatkan oleh Muslim dan Imam yang Empat (Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa’i).

Dan dari padanya r.a., bahwa Nabi s.a.w., bersabda : “Apa. bila kalian menyembahyangkan mayat, do’akanlah dengan ikhlash”. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan disahkan oleh Ibnu Hibban.
-------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Janaiz,  halaman 203-204.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar