"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 24 Februari 2013

TAMAN MARGASATWA SEMARANG

OBYEK WISATA. TravelNusa (Traveler Nusantara). Kebun Binatang Semarang atau dulu lebih dikenal dengan nama Bonbin Tegalwareng Semarang pertama berada di tempat yang sekarang menjadi kawasan Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia di Jalan Sriwijaya (sekarang wilayah Kecamatan Candisari). Lalu pada tahun 1985 Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo (sekarang wilayah kecamatan Gunungpati). Dan pada tanggal 28 Februari 2007 Bonbin Semarang (Koordinat GPS: S06 58 10.4 E110 17 11.8) pindah lagi menempati areal baru di daerah Mangkang, tepatnya di Jl. Walisongo Km 17, berseberangan dengan Terminal Mangkang (sekarang wilayah kecamatan Ngaliyan). Harga tiket tanda masuk cukup terjangkau, pada Minggu / hari besar sebesar Rp 5.000,-. Bonbin Semarang ini berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Bonbin ini merupakan Taman Margasatwa, tempat rekreasi, konservasi dan pendidikan.

Saat memasuki gerbang Bonbin Semarang yang memiliki areal seluas kurang lebih 9 hektar kita disambut patung merak besar yang mengantarkan kita suasana Kebun Binatang. “Ada satwa yang ditempatkan di kandang, ada juga yang di ruang terbuka sesuai habitatnya. Fasilitas yang dimiliki Bonbin Mangkang berupa : Naik gajah, kereta mini, becak air dan perahu untuk menyusuri danau buatan sambil ditemani burung pelikan yang berenang dengan bebas di danau tersebut. Arena mainan (Flaying Fox, Jaring Laba-Laba, ayunan dan sejenisnya) pun telah tersedia, Museum pesawat, serta Wisata air berupa Water Boom dan kolam keceh.

Areal terbuka hijau dan teduh yang memadai untuk duduk menikmati suasana Kebun Binatang masih sangat kurang, sehingga mengurangi kenyamanan dan jam tinggal di areal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar