"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 24 Februari 2013

Gunungkidul Trip 2013

Peta Wisata Gunungkidul
WISATA PANTAI. TravelNusa (Traveler Nusantara) bersama warga kampung kembali mengadakan perjalanan wisata pada hari Ahad, 17 Pebruari 2013 lalu. One Day Tour SEMBAKO (Semarang – Baron – Kukup – Malioboro). Kali ini tujuan wisatanya adalah menikmati deburan ombak 2 pantai di kabupaten Gunungkidul yang jarak tempuh kurang lebih 156 km dari Semarang. Kabupaten Gunungkidul  adalah salah satu kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukota Kabupaten-nya adalah Wonosari. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta di utara dan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Sebagian wilayah Gunungkidul merupakan daerah tandus, dimana pada musim kemarau sering terjadi kekeringan.
Perjalanan wisata dari Semarang di mulai dari jam 06.30 WIB, menggunakan 2 armada Bis PO Nugroho dengan Nopol H-1451-AG dan H-1452-AG dan ber-“REST AREA” di sebuah Rumah Makan daerah Pingit dan SPBU 44.558.09 jalan Wonosari Gunungkidul.

PANTAI BARON GUNUNG KIDUL
Jalan menuju lokasi pantai ini berkelok-kelok naik-turun dan pada beberapa titik jalannya sempit. Jadi perlu ekstra hati-hati jika berkendara kearah ini. Tetapi secara umum jalan menuju kawasan pantai Gunungkidul ini sudah cukup bagus. Jam 11.00 WIB lebih akhirnya sampai juga di pantai Baron yang berada di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari atau sekitar 25 km arah selatan dari Kota Wonosari Kabupaten Gunungkidul, atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam. Pantai Baron merupakan pantai pertama yang akan ditemui dari serangkaian kawasan Pantai yang masih jadi satu area dengan pantai Baron diantaranya pantai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Drini, pantai Krakal, pantai Sundak dan yang paling ramai untuk saat ini pantai Indrayanti.
Di sekitaran objek wisata Pantai Baron terdapat sebuah sungai bawah tanah yang dapat digunakan untuk pemandian setelah pengunjung bermain dilaut. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati aneka hidangan ikan laut segar siap saji dengan harga yang terjangkau dengan  menu khas Pantai Baron.
Pada sisi sebelah timur pantai Baron bisa dicapai melalui jalan setapak yang melingkar dan terdapat sebuah bukit kapur, pengunjung dapat juga beristirahat di gardu pandang, pengunjung akan dapat menghirup udara pantai yang segar. Terdapat juga penyewaan ban pelampung untuk bermain air disini. Sayangnya saat rombongan kami berkunjung air pantainya keruh banget jadi malas bermain air.
Dan bagi pengunjung Muslim tidak usah khawatir jika ingin melaksanakan sholat wajib berjamaah sekalipun, disini terdapat sebuah masjid yang cukup representatif

PANTAI KUKUP GUNUNG KIDUL
Setelah kurang lebih 1 jam di Pantai Baron perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Kukup dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit saja dari pantai Baron. Sesampainya di area pantai Kukup rombongan kami langsung menuju Rumah Makan Pak Ji Konco Dewe yang ada komplek area pantai Kukup ini untuk menikmati makan siang. Selesai makan siang rombongan berjalan menuju pantai Kukup dari lokasi parkir kurang lebih tigaratus meter, akhirnya tiba juga di pantai Kukup. Pantai yang berpasir putih nan indah meski tidak terlalu luas seperti pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. Objek wisata Pantai Kukup berada di selatan ibu kota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari dengan jarak kurang lebih sekitar 25 km dari kota Yogyakarta dan bersebelahan dengan pantai Baron hanya terhalang oleh bukit padas saja. Di objek wisata pantai Kukup terdapat begitu banyak aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di sekitar pinggir dari objek wisata Pantai Kukup atau juga ada yang dipelihara di gedung aquarium laut yang masih berada di satu kawasan di sekitar Pantai Kukup. Di area dari pantai kukup juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut, pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan, untuk bisa sampai ke gardu pandang tersebut kita diharuskan naik ke sebuah bukit. Sepintas mirip pulau karang di Pura Tanah Lot Tabanan Bali
Fasilitas yang ada di objek wisata pantai kukup diantaranya sebuah pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel kelas melati, warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, serta pedagang yang menjual berbagai makanan ringan dari hasil laut.

MALIOBORO
Setelah menikmati wisata pantai Kukup pukul 15.20 WIB kita menempuh perjalanan menuju landmark kota Yogyakarta, Malioboro. Di daerah Sumberjo Ngawu Playen Gunungkidul rombongan singgah sejenak di masjid Al-Hilal Playen Gunungkidul untuk melaksanakan sholat Ashar. Perjalanan ke Yogya pun dilanjutkan, tetapi sebelumnya singgah dulu di Pusat Oleh-oleh Khas Jogja, Bakpia Pathok 25 di jalan Solo km 9 Yogya kurang lebih 25 menit. Kemudian Pukul 18.15 WIB sampai juga ditujuan selanjutnya dan rombongan kita hanya memiliki  kesempatan meng-eksplor suka-suka Malioboro suasana malam kurang lebih selama 1 jam saja. Setelah satu jam berlalu dengan sedikit molor waktu pukul 19.30 WIB rombongan bertolak balik ke kota tercinta dan berhenti sejenak di Rumah Makan Sandi di jalan Raya Yogya Magelang km 23. Wisata pantai yang indah, menggairahkan keinginan meng-eksplor lagi pantai-pantai yang lain dalam wilayah Gunungkidul ini suatu hari nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar