"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 03 Februari 2013

URUSAN JENAZAH (17)

Dari Abu Hurairah r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. menyiarkan kabar wafatnya Najasyi di hari wafatnya, dan beliau keluar bersama mereka pergi ke musholla, kemudian beliau berbaris dengan mereka, dan beliau bertakbir empat kali”. Muttafaq ‘alaih.

Dari Ibnu ‘Abbas r.a., ia berkata ; Saya mendengar Nabi s.a.w. bersabda : “Tidak ada seorang muslim yang meninggal, dan jenazahnya disholatkan oleh empatpuluh orang yang tidak menyekutukan Allah sedikitpun, melainkan Allah akan menerima permintaan ampun mereka bagi si mayat itu”. Diriwayatkan oleh Muslim.

Dari Samurah bin Jundub r.a., ia berkata : “Saya pernah menyembahyangkan seorang wanita yang meninggal dalam nifasnya di belakang Rasulullah s.a.w., beliau berdiri di tengah-tengahnya”. Muttafaq ‘alaih.

Dari Aisyah i.a. ia. Berkata ; “Demi Allah, sesungguhnya Rasulullah s.a.w. pernah menyembahyangkan dua anak Baidha di masjid”. Diriwayatkan oleh Muslim.
---------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Janaiz,  halaman 201-202.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar