"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 25 Februari 2016

Ahli Surgakah Yahudi ?

Di dalam al-Qur'an surat al-Baqarah (2) : 94, Allah ta'ala memerintahkan Rasul-Nya untuk menantang orang-orang yahudi dalam firman-Nya :

قُلْ إِن كَانَتْ لَكُمُ الدَّارُ الْءَاخِرَةُ عِندَ اللَّـهِ خَالِصَةً مِّن دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا۟ الْمَوْتَ إِن كُنتُمْ صٰدِقِينَ
Katakanlah; "Jika kamu (menganggap bahwa) negeri akhirat (surga) khsus untukmu disisi Allah, bukan untuk orang lain, maka inginkanlah kematian jika kamu orang-orang yang benar". (94)

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat dari Abil 'Aliah dikemukakan bahwa kaum yahudi berkata : "Tidak akan masuk surga kecuali penganut agama yahudi". Maka Allah menurunkan ayat ini (QS. 2 : 94) sebagai sindiran kepada orang-orang yang mengaku-ngaku ahli surga. (HR. Ibnu Jarir)

Tafsir Ayat
QS. 2 : 94. "Katakanlah; "Jika kamu (menganggap bahwa) negeri akhirat (surga) khsus untukmu disisi Allah, bukan untuk orang lain, maka inginkanlah kematian jika kamu orang-orang yang benar"". Karena orang-orang yahudi sudah yakin bahwa mereka telah disediakan tempat yang mulia di akhirat, melebihi segala manusia di dunia ini, apalah artinya dunia. Bukankah orang lain takut mati menghadapi maut karena keyakinan itu. Keberanian menghadapi maut adalah bukti yang terang atas adanya keyakinan itu.
---------------
Bibliography :
Tafsir Al-Azhar Juzu' 1, Prof Dr. Haji Abdulmalik Abdulkarim Amrullah (Hamka), diterbitkan oleh Yayasan Nurul Islam, cetakan ke-empat 1981, halaman 329. 
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 29.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 26.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar