"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 12 Juni 2013

KEUTAMAAN ZUHUD (15)

Ibn Umar r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. memegang bahuku sambil bersabda : Jadilah kau didunia ini bagaikan orang asing (ghorib) atau orang rantau. Ibn Umar sendiri berkata : Jika kau berada di waktu sore, maka jangan mengharapkan akan hidup sampai pagi, dan jika kamu pada waktu pagi jangan menantikan sore. Pergunakanlah masa kesehatan itu untuk berbekal buat masa sakit, dan masa hidup untuk berbekal buat mati. (HR. Buchary).
Pengertian hadits ini : Janganlah menganggap dunia ini sebagai tempatmu yang kekal, tetapi kau mengerti bahwa dunia ini sebagai jembatan untuk menyeberang ke akherat yang bakal hidup kekal selamanya, dan untuk itu harus bersedia bekal yang cukup untuk hidup abadi itu. Dan semua pekerjaan di waktu pagi jangan ditunda sampai sore, atau pekerjaan sore jangan ditunda sampai pagi. Dan kesempatan masa sehat, masa hidup jangan diabaikan sebab akibatnya hanya akan menjadi kemenyesalan belaka.
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I,
Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 407-408.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar