"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 03 Juni 2013

SIFAT SHOLAT (32)

Dari Abu Mas’ud r.a., ia berkata; Berkata Basyir bin Sa’ad : “Ya Rasulullah, Allah telah memerintah agar kami bershalawat atas engkau, bagaimanakah caranya kami bershalawat atas engkau?” Maka beliau diam, kemudian bersabda : “Ucapkanlah oleh kamu sekalian “ALLAAHUMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALI MUHAMMADIN. KAMAA SHOLLAITA ‘ALAA IBROOHIIMA WA’ BAARIK ‘ALAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALI MUHAMMADIN. KAMAA BAAROKTA ‘ALAA IBROOHIIMA FIIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN. WASSALAMU KAMA ‘ALIMTUM” (“Ya Allah, semoga keselamatan dicurahkan atas Nabi Muhammad s.a.w., dan atas keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi kesejahteraan pada Ibrahim. Dan semoga berkah dicurahkan atas Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau curahkan keberkahan kepada Ibrahim. Di seluruh alam Engkaulah yang maha terpuji dan maha mulia.”) Adapun ini bacaan salam sebagaimana yang kamu sekalian telah diberitahu”. Diriwayatkan oleh Muslim. Dan Ibnu Khuzaimah menambah padanya:” Maka bagaimanakah caranya apabila kami akan bershalawat atas engkau dalam sholat kami?”
-------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 118-119.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar