"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 17 November 2012

HARAM BERLAKU DHALIM (17)

Ummi Salamah r.a. berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Sesungguhnya saya seorang manusia biasa, dan kamu mengadukan perkara kepadaku, mungkin salah seorang diantara kamu lebih pandai menjelaskan hujjah da’waannya dari yang lain, sehingga saya putuskan baginya sebagaimana keterangannya yang saya dengar. Maka siapa yang telah saya menangkan dengan hak lain orang, sama saja seperti saya memberinya sepotong api neraka. (HR. Buchary dan Muslim).

Kemungkinan kepandaian putar lidah menyebabkan seolah-olah ia benar, tetapi dalam hakikatnya ia tidak benar, sehingga mendapat kemenangan dalam perkara dan terambil olehnya hak orang lain yang haram baginya dan bakal masuk ke dalam neraka.
-------------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 231-232.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar