"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 04 Mei 2014

WASIAT (2)

Dari Sa’ad bin Abi Waqqas r.a. ia berkata; Saya berkata : “Ya Rasulullah, saya punya harta, dan tidak ada yang mewarisi kecuali seorang anak perempuan, apakah hamba sedekahkan saja yang duapertiganya itu ?“ Beliau bersabda : “Jangan !“ Saya bertanya lagi : Apakah saya sedekahkan separuhnya ?“ Beliau bersabda : “Jangan !“ Saya bertanya lagi : “Apakah saya sedekahkan sepertiganya?” Beliau bersabda : “Sepertiga, dan sepertiga itu banyak; engkau tinggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya, adalah lebih baik daripada engkau tinggalkan mereka dengan keadaan melarat, meminta-minta kepada orang.” Muttafaq ‘alaih.
--------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Kitabul Buju', halaman 353.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar