"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 30 Mei 2014

Abu Hurairah sang Mujahid yang ahli ibadah

TIME TUNNEL. Setelah pertemuan pertamaku dengan Abu Hurairah dan mengenal Ka'ab al-Ahbaar sang pemfitnah dan penyebar hadits palsu yang mencatut nama Abu Hurairah. Perjalananku pun terus berlanjut.
Suatu saat Marwan bin Hakam hendak menguji Abu Hurairah dengan memintanya mengabarkan hadits-hadits dari Rasulullah  ﷺ Sementara itu ia menyuruh sekretarisnya menuliskan apa yang diceritakan Abu Hurairah dari balik dinding. Setahun kemudian dipanggillah lagi Abu Hurairah untuk mengabarkan hadits-hadits dari Rasulullah  ﷺ, dan Marwan bin Hakam pun menyimak hadits-hadits yang dituliskan sekretarisnya. Ternyata tak ada yang terlewat walau sepatah kata pun.
Abu Hurairah adalah ahli ibadah yang senantiasa mendekatkan dirinya kepada Allah bersama istri dan anak-anaknya. Ia adalah seorang mujahid yang hampir tak pernah absen dalam setiap perjuangan fisik baik di masa Rasulullah ﷺ hingga di masa pemerintahan Islam.
--------------------
Inspirasi : Rijal Haolar Rasul (Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro Cetakan keduapuluh 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar