"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 04 Mei 2014

ADAB DALAM MASJID (8)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Siapa yang duduk dalam majlis dan banyak omong kosongnya, kemudian sebelum bangun berdiri dari majlis itu membaca : SUBHANAKALLAHUMMA WA BIHAMDIKA ASYHADU AN LAA ILAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA ATUBU ILAIKA. (Maha suci Engkau ya Allah dan puji-puji bagi Kamu, saya menyaksikan bahwa tiada Tuhan kecuali Engkau, saya minta ampun dan bertobat kepada-Mu). Melainkan dapat dipastikan Allah mengampunkan apa yang terjadi dalam majlis itu. (HR. Attirmidzy).

Abu Barzah r.a. berkata : Adalah Rasulullah s.a.w. jika bangun dari suatu majils membaca : SUBHANAKALLAHUMMA WA BIHAMDIKA ASYHADU AN LAA ILAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA ATUBU ILAIKA. (Maha suci Engkau ya Allah dan puji-puji bagi-Mu, saya bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Engkau, saya minta ampun dan bertobat kepada-Mu). Maka ada seorang berkata : Ya Rasulullah Engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa Engkau berbuat demikian? Jawab Nabi s.a.w. : Itu Sebagai penebus dosa yang terjadi dalam majlis itu. (HR. Abu Dawud).
Dan riwayat Alhakim dalam Mustadrok dari ‘Aisyah.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 26-27.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar