"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 25 Mei 2014

Phoenix Kawung

Salah satu koleksi baju batik printing ku yang aku suka adalah yang bertema “Phoenix- Kawung”. Karena masing-masing mereka memiliki arti tersendiri. 

Batik Printing Phoenix Kawung
Phoenix
Dalam mitologi Mesir Phoenix memiliki arti keabadian. Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah keemasan. Sedangkan dalam mitologi Cina burung Phoenix (Fenghuang) adalah pemimimpin burung yang menjadi symbol hubungan mesra antara suami dan istri.
Phoenix (dalam masyarakat jawa disebut burung Hong) dikatakan dapat hidup 500 atau 1461 tahun, setelah hidup selama itu ia akan membakar dirinya. Lalu abunya akan muncul burung Phoenix muda begitu seterusnya. (Satu Lingkar dan Aliefqu)
Kalau ngomongin Phoenix jadi keinget game seri Final Fantasy :D

Kawung
Motif kawung mempunyai makna yang melambangkan harapan agar manusia selalu ingat asal usulnya. Jaman dahulu, motif kawung sering digunakan dikalangan kerajaan dengan harapan mencerminkan pribadi pemimpin yang mampu mengendalikan hawa nafsu serta menjaga hati nurani agar dapat keseimbangan dalam berperilaku hidup sebagai manusia. (Parasantique Pekalongan)

Phoenix Kawung
Kalau dilihat dari motifnya, batik Phoenix Kawung koleksiku ini mirip dengan gaya batik Laseman yang senantiasa memadukan unsur motif Cina (Phoenix) dan unsur motif Jawa (Kawung), tetapi dari pewarnaan mengikuti motif batik Solo atau Yogyakarta, coklat. Harapan yang aku inginkan dengan memaknai motif baju batik printingku “Phoenix-Kawung” adalah diberi keistiqomahan yang abadi untuk senantiasa jadi manusia yang wara’ dan zuhud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar