"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 24 Desember 2012

BERBELAS KASIH (7)

Anas r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a,w. : Siapa yang mengasuh dua anak gadisnya dengan sempurna sehingga dewasa, maka saya dengan ia pada hari Qiyamat bagaikan dua jari ini. (HR. Muslim).

‘Aisjah r.a. berkata : Datang ke runahku seorang perempuan peminta-mint.a dengan kedua putrinya, maka tiada yang dapat saya berikan padanya selain sebiji kurma, maka saya berikan padanya, lalu dibagikan kurma itu kepada kedua anaknya, dan ia tidak makan apa-apa, kemudian keluar. Kemudian datang Nabi s.a.w. dan saya beritahu tentang hal itu, maka bersabda Nabi s.a.w. : Siapa yang diuji oleh Allah dengan anak-anak perempuan itu lalu dapat mengasuh dan mendidik sebaik-baiknya, maka akan menjadi dinding baginya dari api neraka. (HR. Buchary dan Muslim).

‘Aisjah r.a. berkata : Datang kerumahku seorang perempuan miskin dengan kedua putrinya, maka saya berikan padanya tiga biji kurma, maka diberikannya yang dua kepada masing-masing anaknya, kemudian ketika ia akan makan kurma yang satu, mendadak diminta oleh kedua putrinya itu, maka dibelahnya dua, dan diberikan kepada kedua anaknya, sayapun merasa kagum melihat belas kasih ibu kepada anaknya itu, sehingga saya ceriterakan kejadian itu pada Nabi s.a.w. Maka sabda Nabi : Sesungguhnya Allah telah menentukan baginya sorga, atau Allah telah memerdekakannya dari api neraka. dengan sebab kedua anak itu. (HR. Muslim).
-------------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 267-268.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar