"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 10 Maret 2016

Hidup Sia-sia

Beberapa hal yang membuat hidup sia-sia
  1. Asal-asalan : Allah ta'ala berfirman dalam surah Al-Maun bahwa shalat seseorang akan mengantarkan masuk neraka ketika ia shalatnya asal-asalan. "Alladziina hum 'an shalaatihim saahuun".
  2. Riya' : berbuat baik bukan karena Allah ta'ala, tetapi karena makhluk dan kepentingan-kepentingan dunia. Dalam surah Al-Maun juga Allah tegaskan "alladziina hum yuraa uun".
  3. Sia-sia : dalam surah Al-Mukminuun Allah ta'ala menyebutkan bahwa ahli surga selalu menghindar dari yang sia-sia. "walladziina hum 'anillaghwi mu'rudhuun". Dalam hadits Nabi bersabda : "min husni islamil mari tarkuhuu maa laa ya'niihi".
  4. Tergesa-gesa : al-Iritijaaliyah atau al-Ajalah, dalam sebuah ungkapan dikatakan "al ajalatu minasy syaithaan" (Tergesa-gesa itu perbuatan syetan).
  5. Tanpa sistem dan aturan "al-Fawdhawiyah", maka setiap pekerjaan yang tanpa sistem dan aturan tidak akan mencapai target dan melelahkan. Sungguh Allah berkali-kali menegaskan dalam Al-Quran bahwa semua wujud di alam ini tegak dengan sistem yang sangat rapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar