"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 09 Desember 2015

Andakah Pejuang Pertanian Angkatan Berikutnya?

Dalam manual Islamic Farming, halalaman 41: penerapan kitab al-filaha di afrika membahas teknik tumpang sari (intercropping). Al-quran telah mencontohkan teknik tumpang sari secara detil, ingat design kebun di surat al-kahfi ayat 32? Dua kebun anggur yang dikelilingi tanaman kurma, dan diantara pohon-pohon anggur itu ditanami berbagai jenis tanaman. Selain itu, al-quran ketika berbicara jenis-jenis tanaman selalu disebutkan secara berdampingan.
Tanaman produktif apa saja yang cocok ditanam berdampingan ?
Sejak dulu, masyarakat asli benua amerika mengenal tiga tanaman yang disebut 'the three sisters' (tiga saudari). Ketiganya yakni jagung, legume, dan labu, ditanam berdekatan. Legume merambati jagung -menjaganya agar tidak mudah tumbang oleh angin kencang. Akar legume juga mengikat nitrogen di tanah, menyediakan nutrisi bagi tanaman jagung dan labu. Labu dengan daun-daunnya yang lebar dan lebat berfungsi sebagai mulsa hidup! Sinar matahari yang terhalang sampai ke permukaan tanah oleh daun-daun labu menghambat tumbuhnya gulma.

Sederhana, namun mengagumkan
Aspek lain dalam pertanian yakni pendekatan yang disebut 'companion planting'. Seperti manusia, beberapa tanaman ada yang berteman, ada juga yang bermusuhan. Rencana penanaman anda mestinya menggabungkan jenis tanaman yang berteman. Bentuk tumpang sari ini memiliki banyak sekali keunggulan, antara lain :
Nitrogen fixing, menyuburkan tanah -Legume (kacang-kacangan), seperti yang disebutkan di atas. Beberapa tanaman menarik serangga yang menguntungkan, seperti kepik. Yang mana serangga ini memangsa hama, beberapa tanaman mengusir hama, biasanya dikarenakan aromanya yang kuat. Beberapa tanaman bisa berfungsi sebagai 'windbreaker', seperti pohon kurma yang mengelilingi kebun anggur, batangnya yang kokoh mampu menahan angin kencang agar tidak sampai merusak tanaman anggur di dalamnya. 'Trap cropping', tanaman ini di tempatkan di luar area kebun. Mereka menarik hama agar tertuju kepadanya, jadi hama tidak masuk ke area kebun. Tanaman yang bervariasi dalam satu petak akan membingungkan hama. Hama lebih tertuju pada target yang mudah, yang mana terlihat sama bentuknya, baunya, tingginya, dan lain sebagainya.
Ringkasnya, tanaman yang berteman ini dapat melindungi satu sama lain dari angin kencang atau cuaca, berperan sebagai pengecoh hama, menarik serangga predator yang memangsa hama, atau penyedia nutrisi, membantu secara fisik, atau menaungi tanaman lain.

Berikut adalah beberapa pedoman 'companion planting' :
ALIUM (bawang-bawangan, termasuk daun prei) membantu : pohon-pohon buah, tomat, cabai, wortel, kentang, kubis-kubisan (kol, brokoli, dan lain-lain). Dibantu oleh : wortel. Menjauhkan siput telanjang, kumbang penghisap, lalat wortel, ulat kubis. Jangan tanam bersama : legume -kacang-kacangan, polong-polongan, peterseli.
BRASIKA (kubis-kubisan dan sawi-sawian) membantu : kentang, sereal (jagung, gandum, dan lain-lain), dibantu oleh : adas, bawang-bawangan, rosemary. Menjauhkan : ulat kawat. Jangan tanam bersama : tomat, cabai. Legume -kacang-kacangan, membantu : jagung, wortel, timun, terong, seledri, polong-polongan, kentang, sawi-sawian, lobak, rosemary, adas, strawberi, mint. Dibantu oleh : terong, summer savory. Menjauhkan : kumbang kalifornia. Jangan tanam bersama : tomat, cabai, bawang-bawangan.
Catatan : akarnya menjadi tempat hidup bakteri-bakteri pengikat nitrogen; membantu menyuburkan beberapa tanaman, namun dapat berlebihan bagi beberapa jenis tanaman lain.
WORTEL, membantu : tomat (namun wortel dapat mengerdil), bawang-bawangan, selada. Dibantu oleh : bawang-bawangan (tidak disukai lalat wortel), rosemary, kacang-kacangan, linum (menghasilkan minyak yang bisa melindungi sayur jenis akar-akaran seperti wortel dari beberapa hama. Mengundang : kepik leher, lalat jala, tawon parasit, tawon jaket kuning, dan tawon-tawon pemangsa hama lainnya (wortel harus dibiarkan berbunga agar dapat mengundang serangga-serangga bermanfaat). Jangan tanam bersama : adas lobak
JAGUNG, membantu : legume -kacang-kacangan. Dibantu oleh : bunga matahari, legume -kacang-kacangan, polong-polongan, labu, ketimun, melon, bayam amaranth, bunga terompet, kentang. Jangan tanam bersama: tomat, seledri.
TIMUN, membantu : jagung. Dibantu oleh : kacang-kacangan, lobak, bunga matahari, wortel. Mengundang : berbagai kumbang tanah. Jangan tanam bersama : tomat
TERONG, membantu : kacang-kacangan, cabai. Dibantu oleh : mint, bunga tahi ayam (menghalangi cacing gilig).
CABAI, membantu : marjoram manis. Dibantu oleh : tomat. Catatan : tanaman cabai menyukai kelembaban tinggi, yang bisa dibantu oleh tanaman-tanaman berdaun lebat atau penutup tanah, cabai juga membutuhkan sinar matahari langsung, namun buahnya dapat rusak olehnya. Beberapa cabai yang tumbuh berdekatan, atau bersama tomat, dapat melindungi buahnya dari paparan sinar matahari, serta meningkatkan kadar kelembaban
LABU (termasuk gambas, pare, melon, dan lain-lain), membantu : jagung, kacang-kacangan. Mengundang : laba-laba, kumbang-kumbang tanah
TOMAT, membantu : cabai, mawar, asparagus. Dibantu oleh : kemangi, wortel, bawang-bawangan, seledri. Jangan tanam bersama: jagung, adas, kentang, sawi-sawian, rosemary. Catatan : menanam tomat bersama basil (semacam kemangi) tidak meningkatkan rasa tomat, namun penelitian menunjukkan bahwa menanam keduanya sejauh kurang lebih 25 cm dapat meningkatkan hasil panen tomat hingga 20%

Selain melakukan sistem tumpang sari, cobalah membuat beberapa bedeng atau plot sehingga beberapa kombinasi tanaman dapat dirotasi dari musim ke musim. Dengan kedua cara ini (intercropping dan rotasi), selain sumber makanan beragam, nutrisi tanah seimbang, hama pun bingung mau makan di mana.

Selamat menanam..

Madrasah Al-Filaha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar