"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 08 Desember 2015

Anjuran dan Keutamaan Berdzikir (25)

Juwairiyah binti Atharits r.a. (Isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam) berkata : Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam keluar dari rumahnya untuk sholat subuh sedang ia duduk di tempat sholatnya, kemudian ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kembali di waktu dluha iapun belum bergerak dari tempat sholatnya itu. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya : Sejak tadi itu kamu demikian tidak bergerak dari tempatmu? Jawab Juwairiyah : Ya. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Saya tadi telah membaca empat kalimat berulang tiga kali andaikan ditimbang dengan bacaanmu sejak pagi tadi niscaya memadailah (seimbang) yaitu : "Subhanallahi wa bihamdihi adada kholqihi wa ridla’a nafsihi Wa zinata arsyihi wa midada kalimatihi." (Aku mensucikan Allah dengan memuji-Nya sebanyak makhlukNya, dan hingga mendapat keridloan-Nya dan seberat arasy-Nya dan sepanjang kalimat-Nya). (HR. Muslim).

Dalam lain riwayat:
"Subhanallahi adada kholqihi, subhanallahi ridlo nafsihi, subhanallahi zinata arsyihi,subhanallahi midada kalimatihi."

Dalam riwayat Attirmidzy : Sukakah Aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat untuk kau baca : "Subhanallahi adada kholqihi" 3x, "Subhanallahi ridla nafsihi." 3x, "Subhanallahi zinata arsyihi." 3x, "Subhanallahi midada kalimatihi." 3x.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 341-343.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar