"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 27 Desember 2015

Pisau

Pisau ialah alat yang digunakan untuk memotong sebuah benda. Pisau terdiri dari dua bagian utama, yaitu bilah pisau dan gagang atau pegangan pisau. Bilah pisau terbuat dari logam pipih yang tepinya dibuat tajam; tepi yang tajam ini disebut mata pisau. Pegangan pisau umumnya berbentuk memanjang agar dapat digenggam dengan tangan. (id.wikipedia.org)

Macam-macam Pisau
Pisau Bedah
Terdiri atas dua bagian yaitu gagang dan mata pisau (mess / bistouri / blade). Pada pisau bedah model lama, mata pisau dan gagang bersatu, sehingga bila mata pisau tumpul harus diasah kembali. Pada model baru, mata pisau dapat diganti. Biasanya mata pisau hanya untuk sekali pakai.
Terdapat dua nomor gagang pisau yang sering dipakai, yaitu gagang nomor 4 (untuk mata pisau besar) dan gagang nomor 3 (untuk mata pisau kecil). Guna pisau bedah ini adalah untuk menyayat berbagai organ / bagian tubuh. Mata pisau disesuaikan dengan bagian tubuh yang akan disayat. (herrysetyayudha.wordpress.com)

Pisau Cukur
Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambil keuntungan dari penjualan pisau cukur. Pisau cukur listrik dicetuskan oleh Jacob Schick pada 1928.
Pisau silet adalah pisau yang khusus digunakan untuk mencukur. Pisau Silet yang umum dijumpai berbentuk pisau tipis yang memiliki dua mata dalam dua sisi yang terbuat dari baja, serta diletakkan pada alat atau pasangannya yang berbentuk mirip huruf "T", yang terbuat dari baja ataupun plastik. Dalam perkembangannya, pisau silet yang digunakan untuk bercukur memiliki berbagai ragam bentuk dan memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi. Diantaranya adalah pisau silet yang memiliki dua mata pisau yang diletakkan dalam satu sisi, untuk menghasilkan hasil cukur yang lebih licin dari sebelumnya, ada pula yang memiliki tiga mata pisau cukur dalam satu sisi. Selain jumlah pisau, terdapat berbagai aksesoris yang digunakan untuk bercukur agar tidak melukai, seperti halnya sabun krim khusus yang digunakan untuk bercukur. (id.wikipedia.org).

Pisau Dapur
Pisau dapur adalah pisau yang dibuat untuk digunakan dalam persiapan dan pembuatan makanan. Walaupun umumnya kegiatan memasak dapat dibantu dengan pisau serba guna apapun, ada berbagai jenis pisau dapur yang dirancang untuk melakukan hal yang spesifik dengan lebih baik.
Pisau dapur dapat dibagi sesuai dengan jenis bahan makanan yang akan diproses, misalnya pisau daging, pisau keju, dan pisau roti. Pisau roti dibuat bergerigi agar tidak menghancurkan roti pada saat dipotong dan pisau keju dibuat agar bisa memotong keju yang lengket. Pisau dapur juga dapat dibagi berdasarkan jenis kegiatan yang dilakukan, misalnya pisau tulang digunakan untuk memisahkan daging dari tulang, dan pisau ukir digunakan untuk hal yang butuh ketelitian seperti mengupas. (id.wikipedia.org).
Karena sering digunakan, penting agar memilih pisau yang tepat agar tetap nyaman dan aman untuk digunakan. (kumpulan.info).
Tips memilih pisau dapur yang tepat adalah :
  • Pilih pisau dengan bahan anti karat. Karat pada pisau bisa menempel pada makanan dan dapat menyebabkan penyakit. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat pisau adalah stainless steel sebagai bahan yang tidak berkarat. Bahan lain yang dapat dibuat menjadi pisau adalah keramik. Pisau dari keramik memiliki kelebihan dibanding pisau stainless steel. Kelebihannya adalah pisau keramik tidak perlu diasah untuk tetap tajam. Tetapi, harga pisau keramik lebih mahal dan perlu hati-hati ketika menggunakan pisau keramik karena bisa pecah.
  • Pegangan pisau yang aman. Karena pisau merupakan benda tajam, maka perlu pisau yang aman agar tidak melukai. Salah satu faktor keamanan yang perlu diperhatikan pada pisau adalah pegangan pisau. Pilih pisau dengan pegangan yang nyaman dan tidak musah terlepas. Kayu merupakan pegangan pisau yang paling banyak dipakai karena memenuhi syarat ini. Kayu dapat dibentuk sehingga menjadi bentuk yang nyaman untuk dipegang juga tidak mudah lepas sekalipun dalam keadaan basah.
  • Pisau dengan bilah lurus. Pisau yang lurus akan menghasilkan potongan yang rapi. Untuk mendapatkan potongan dengan hasil yang maksimal, perhatikan bilah pisau sebelum membeli.
  • Gunakan pisau sesuai fungsinya. Berdasarkan kegunaannya, ada beberapa jenis pisau. Misalnya : pisau chef (pisau yang umum digunakan), pisau fillet (untuk membuat fillet daging), pisau jagal (untuk memotong daging), pisau roti (untuk memotong kue), pisau iris, dan lain-lain. Pilih pisau sesuai kegunaannya agar hasil potongannya maksimal.
Cara Merawat Pisau Dapur
Agar dapat digunakan secara maksimal tidak berarti harus menggunakan pisau yang mahal. Karena dengan perawatan yang tepat, pisau akan tahan lama dan akan berfungsi dengan baik. (kumpulan.info).
Tips merawat pisau adalah:
  • Asah secara rutin. Pisau perlu diasah untuk menjaga ketajamannya. Seberapa sering pisau harus diasah tergantung pada seringnya pisau digunakan dan jenis pisau. Semakin sering digunakan, maka pisau harus semakin sering diasah. Berdasarkan jenisnya, pisau daging perlu diasah lebih sering dibanding pisau yang digunakan untuk memotong sayur atau buah.
  • Membersihkan Pisau dengan Tepat. Selesai digunakan, pisau dibersihkan dengan cara dicuci dengan sabun pencuci piring kemudian dilap menggunakan kain lap atau tisu.
  • Penyimpanan Pisau. Simpan pisau di tempat kering untuk mencegah pisau berkarat. Yang terpenting, simpan pisau di tempat yang aman, pada tempat yang tidak dapat dijamah oleh anak-anak untuk mencegah luka akibat penyalahgunaan pisau.

Pisau Lipat
Pisau lipat atau pisau saku adalah sebuah pisau dengan mata pisau yang dapat dilipat masuk kedalam gagangnya. Mata pisaunya dapat berjumlah satu atau lebih. Juga dikenal sebagai Jack-knife. Ukuran panjang mata pisaunya berkisar antara 5 ingga 15 cm. Pisau lipat merupakan sebuah alat yang serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai hal mulai dari membuka amplop, memotong benang, melakukan penyayatan tenggorokan darurat (tracheostomy), mengiris buah atau sebagai alat pertahanan diri.(id.wikipedia.org).
Cara merawat pisau untuk jenis ini jangan gunakan batu kasar asahan, sebab merusak bahan yang mau diasah cari baru asahan yang batu asli bukan cetakan pabrik, bentuknya padat dan warna abu abu, banyak dijual di pasar tradisional. pergunakan gemuk (grees atau olie) untuk mendapatkan ketajaman maksimal. Test dengan rambut, atau kertas cara asah sama dengan cara umum hanya beda batu asahanya. barunya lain  ataupun boleh pake amplas 1500 yang halus. (pisau hobiku).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar