"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 17 April 2013

PENGHARAPAN / OPTIMISMA (1)

Ubadah bin Asshomit r.a. berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Siapa percaya bahwa tiada Tuhan kecuali Allah yang maha Esa dan tidak bersekutu, dan bahwa Muhammad hamba dan utusan-Nya dan bahwa Isa hamba Allah dan utusan-Nya, dan kalimat Allah yang dijatuhkan kepada Marjam dan ruh daripada Allah. Dan bahwa sorga itu benar juga neraka itu benar-benar hak, maka pasti Allah akan memasukkannya ke dalam sorga, dengan amal perbuatannya (yang baik) seberapa adanya. (HR. Buchary dan Muslim).

Dan dalam riwayat Muslim : Siapa yang percaya bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah, maka Allah akan mengharamkannya dari api neraka.

Pengertian hadist ini bahwa kepercayaan itu, pada lazimnya dapat mempengaruhi amal perbuatan, maka walau bagaimana ía akan beramal kalau masih ada iman dalam dada, maka lambat-laun pasti akan kembali, sebab pengaruh iman itu sangat besar pada amal perbuatan dan manusia tidak dapat berbuat terus-menerus, dalam perbuatan yang menyalahi iman kepercayaannya.
----------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 363.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar