"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 16 April 2013

SUMPAH DAN NADZAR (1)

Dari Ibnu Umar r.a. dari Rasulullah s.a.w. ; Bahwasanya beliau mendapatkan Umar di antara orang-orang yang naik unta, dan Umar bersumpah dengan nama ayahnya, maka Rasulullah berseru kepada mereka : “Ingatlah, bahwasanya Allah melarang kalian bersumpah dengan nama ayah-ayah kalian; barangsiapa yang hendak bersumpah hendaklah ia bersumpah dengan nama Allah, atau diam.” Muttafaq ‘alaih.

Dan pada riwayat Abu Daud dan Nasai dan Abu Hurairah r.a. marfu’ ; “Janganlah kalian bersumpah dengan nama ayah-ayah kalian atau nama ibu-ibu kalian dan jangan pula dengan nama dewa-dewa; dan janganlah kalian bersumpah melainkan dengan nama Allah dan janganlah kamu bersumpah dengan nama Allah kecuali kalau kalian sungguh-sungguh”.
------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Aimam Wan Nudzur, halaman 502.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar