"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 04 April 2013

MENGGEMARKAN (ANJURAN) TENTANG KHUSU’ DALAM SHOLAT (5)

Dan dari padanya, ia berkata Aisyah mempunyai segordin / tirai ia menutup sebagian rumahnya dengan tirai itu. Nabi s.a.w. bersabda padanya : “Singkirkanlah tiraimu itu dari kita, karena senantiasa gambar-gambarnya menggangguku dalam sholat” Diriwayatkan oleh Bukhary.

Dan Bukhary-Muslim sepakat pada haditsnya di rentang kisahnya tabir kepunyaan Abu Jahm dalam riwayatnya itu disebutkan : “Karena ia melalaikan aku dalam sholat

Nabi s.a.w. pernah menerima hadiah sebuah tabir dari Abu Jahm, yaitu kain hitam bergambar. Nabi s.a.w. menyuruh mengembalikannya dan minta diganti dengan ambijaniyah (kain tebal tanpa gambar).

Dari Jabir bin Samurah ra., ia berkata ; Rasulullah s.a.w. bersabda : “Hendaklah orang-orang itu menghentikan memandang-mandang ke langit dalam sholat, atau pandangannya tidak akan kembali lagi pada mereka (jadi buta)” Diriwayatkan oleh Muslim.
----------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 91-92.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar