"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 17 Juli 2015

Pilihlah Wanita yang Baik Agamanya

Rasulullah s.a.w. bersabda : "Seorang wanita dinikahi karena empat hal; karena hartanya, kecantikannya, nasabnya dan karena agamanya; maka pilihlah wanita yang baik agamanya, niscaya engkau beruntung." (HR. Bukhari dan Muslim).

'Adil Fathi 'Abdulloh dalam bukunya "Tipe Suami Berbahaya", halaman 9 menerangkan bahwa "yang dimaksud tidak tepat dalam memilih dan mengambil wanita yang baik diennya, maka sungguh engkau akan mendapat kerugian yang nyata."
Lebih lanjut katanya di halaman 10, "ada beberapa orang mengatakan saya memilih wanita itu (yang tidak baik kualitas diennya), kemudian akan saya dakwahi dia, agar Allah memperbaiki keadaannya. Dengan demikian saya dapat peroleh pahala "memperbaikinya". Ini adalah tipuan setan. Mengubah jiwa bukanlah perkara mudah. Hal itu memerlukan waktu yang panjang, butuh kesabaran dan pemahaman yang mendalam tentang tabiat jiwa manusia serta berbagai metode pendidikan."
'Adil Fathi 'Abdulloh di halaman 12 menegaskan lebih lanjut, "hendaknya suami tidak terkecoh dengan penampilan lahiriah. Namun ia harus tahu pasti akhlak wanita itu, akhlak bapak dan ibunya, serta selalu bertanya dan meneliti sebelum ia memutuskan untuk menikahinya. Hendaklah ia tahu bahwa kejujuran, kesucian, amanah dan akhlak baik wanita itu tidak bisa dihargai dengan harta."
-----------------------------
Inspirasi :
Tipe Suami Berbahaya, 'Adil Fathi 'Abdulloh; Penerbit Mumtaza, Solo; Cetakan Pertama, Maret 2008 M / Shofar 1429 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar