"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 20 Juli 2015

Pantai Ujungnegoro Kandeman

IDUL FITRI 1436 H. Hari kedua Lebaran adalah rutinitas berkumpul keluarga besar kakekku dari pihak ayah. Tahun ini pertemuan di Pekalongan dan kami keluarga besar dari Semarang telah mempersiapkan diri menghadiri pertemuan keluarga yang diantar oleh d'Nasima -borderless journey- H.1438.EA dengan driver Solekhan dan assistennta Ponijan.
Jam 05.00 WIB berangkat dari Sumurboto dan 20 menit kemudian sudah sampai di Tegalsari untuk menjemput keluarga yang lain. 20 menit kemudian kita siap-siap meninggalkan Semarang.
Setelah melewati Alas Roban pukul 07.20 WIB TravelNusa (Traveller Nusantara) istirahat di SPBU 44.512.11 Timbang Kabupaten Batang untuk urusan kamar kecil. 20 menit kemudian perjalanan dilanjutkan, dan pukul 08.50 WIB sampai di Perum Bumi Wira Baru II Blok T Pekuncen - Wiradesa - Kabupaten Pekalongan 51152. Selepas melaksanakan sholat dzuhur di masjid al-Mutaqin kompleks Perum Bumi Wira Baru II dan sesi photo keluarga, TravelNusa (Traveller Nusantara) segera mempersiapkan diri menuju tempat wisata.

Pantai Ujungnegoro
Acara keluarga usai jam 14.00 WIB, perjalanan pulang pun di mulai. Dan pukul 15.00 WIB sampai di Pantai Ujungnegoro sebagai destinasi liburan keluarga.
Pantai Ujungnegoro terletak di desa Ujungnegoro kecamatan Kandeman (koordinat -6.891375,109.799282). Pantai ini merupakan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Unggulan Kabupaten Batang yang menawarkan keindahan alam, religi, dan kebudayaan. Ujungnegoro merupakan Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD).
Tidak sampai setengah jam dari jalur Pekalongan - Semarang, TravelNusa (Traveller Nusantara) telah sampai di lokasi pantai. Setelah melewati gapura penanda lokasi pantai, kita akan menemukan dua arah jalan, yang satu menuju pantai dan yang satunya lagi menuju lokasi sebuah makam Syekh Maulana Maghribi. Konon beliau ini adalah salah satu penyebar agama Islam di jaman kerajaan Demak dahulu. Meskipun makam ini masih menjadi kontroversi siapa yang dimakamkan di Ujungnegoro tersebut. Sebagian kalangan menyebut makam tersebut hanyalah sebuah petilasan karena di daerah Batang sendiri ada dua tempat yang dianggap masyarakat sebagai makam Syekh Maulana Maghribi. Pertama di Ujungnegoro, dan kedua di Wonobodro, Kecamatan Blado, Batang.  Sebagian kalangan lain menyebut, tempat tersebut hanya merupakan tempat petilasan semata.
Salah satu unggulan wisata Kabupaten Batang dengan penataan area dan selalu menjaga kebersihan pantainya, Apalagi dengan ditambahnya wahana permain yang menarik pengunjung terutama anak-anak, murahnya HTM Rp. 5000,-(harga hari libur nasional) serta amannya area parkir kendaraan.
Salah satu keistemewaan Pantai Ujungnegoro adalah adanya perpaduan antara keindahan panorama pantai dan terjalnya perbukitan. Pantai bertebing seperti ini jarang sekali terdapat di sepanjang pesisir utara Jawa. Pada tebing tersebut juga terdapat sebuah gua bernama Gua Aswotomo dan sebuah makam kecil di atasnya peninggalan Syekh Maghribi. 
Menikmati indahnya pantai Ujungnegoro bisa dilakukan dari dua sisi, sisi timur lewat tangga di pinggir tebing makam Syekh Maulana Maghribi atau dari sisi barat pantai Ujungnegoro. Pantai ini memiliki hamparan pantai yang menarik untuk digunakan sebagai tempat memancing atau berkeliling menggunakan perahu atau sekedar menikmati deburan ombak yang datang.
Pantai Ujungnegoro ini memang tidak terlalu luas. Garis pantai berpasirnya mungkin kurang dari 1 km saja. Tapi bila dihitung dengan sensasi berdiri di batu karang mungkin panjang pantai lebih dari 2 km. Disekitar pantai terdapat banyak pohon ketapang, cemara laut dan beberapa vegetasi lain yang kurang aku kenal, sehingga kesan teduh sangat terasa.Pukul 17.15 WIB, TravelNusa (Traveller Nusantara) keluar dari area pantai Ujungnegoro dan melanjutkan perjalanan kembali ke Semarang, tetapi sebelumnya 18.40 WIB TravelNusa (Traveller Nusantara) mampir ishoma di Kurnia Jawa Timur, Jl. Lingkar Kaliwungu Km.23 - Kaliwungu Kendal. 40 menit kemudian TravelNusa (Traveller Nusantara) melanjutkan perjalanan kembali ke Semarang. Nice Holiday.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar