"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 28 April 2015

Ideologi Dakwah Islam

Ideologi Dakwah Islam adalah ideologi Islam, pandangan hidup Islam, filsafat hidup menurut ajaran Islam.
Rahasia hidup dan hakekat hidup, hanya ditanyakan kepada Yang Memberi Hidup. Manusia tidak kompeten, tidak berkuasa memberi tafsir, apa makna dan hakekat, apa sengaja atau tujuan dari kehidupan, sebab manusia bukan kekuasaan yang memberi hidup, tapi makhluk yang diberi hidup.
Pandangan hidup Islam atau "Weltanschauung Islam" berpusat kepada petunjuk wahyu, yang disampaikan kepada Nabi-Nya. Bertolak dari asas hidup dan pandangan hidup Islam, kita bentuk wijhah (ideologi) perjuangan yang jelas, kita letakkan qa'idah (strategi) perjuangan yang kuat, kita rentangkan khittah perjuangan yang terang, akan memahirkan kita dan menuntun kita dalam khid'ah dan makidah (taktik) perjuangan. Kesemuanya tidak boleh lepas dari sumbernya, wahyu Ilahi dan sunnah Nabi. (Dirangkum dari buku "Mujahid Dakwah"-nya KH. M. Isa Anshary, terbitan CV Diponegoro Bandung 1964, halaman 52).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar