"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 28 Agustus 2015

Tingkatan Manusia dalam Sikap Keberanian dan Kedermawanan

Berkaitan dengan hal ini maka manusia terbagi menjadi empat kelompok :
  1. Seseorang yang berbuat karena Allah dengan keberanian dan kedermawanannya, mereka inilah orang-orang yang beriman dan berhak mendapatkan sorga.
  2. Orang yang beramal kepada selain Allah dengan keberanian dan kedermawanan. Ini akan memberikan manfaat bagi mereka di dunia dan tidak ada bagian mereka di akhirat sedikit pun.
  3. Orang yang berbuat untuk Allah namun tanpa keberanian dan kedermawanan, maka ada sifat kenifakan dan kurangnya iman sesuai dengan kadar perbuatannya.
  4. Orang yang berbuat bukan karena Allah juga tidak disertai dengan keberanian dan kedermawanan, maka tidak ada apaun baginya di dunia dan akhirat.
Inilah akhlak dan perbuatan yang dibutuhkan seorang mukmin secara umum maupun khusus pada masa-masa penuh fitnah dan cobaan yang begitu besar. Mereka membutuhkan kebaikan jiwa untuk menolak dosa-dosa yang mengotori jiwa-jiwa mereka yang bisa mengakibatkan fitnah dalam diri mereka. Mereka juga memerlukan perintah dan larangan dari orang lain berdasarkan kekuatan mereka, dan masing-masing dari keduanya mengandung kesulitan, walaupun hal itu mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah ta'ala.
-----------------------------------
Inspirasi :
Tazkiyatun Nafs
, Ibnu Taimiyah, Penerbit : Darus Sunnah Press, Jakarta Timur, Cetakan Pertama : November 2008, halaman 288.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar