"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 28 Agustus 2015

Jihad (11)

Abu Hurairah r.a. berkata : Seorang sahabat Nabi s.a.w. berjalan di suatu lembah maka dilihat sebuah sumber air yang segar, maka ia merasa senang hingga berkata : Andaikan saya di sini saja menyendiri beribadat menjauhi dari orang-orang, tetapi saya tidak akan berbuat demikian sebelum bertanya kepada Rasulullah s.a.w. Maka hal itu dikatakan kepada Rasulullah s.a.w. Berkata Rasulullah : Jangan berbuat demikian karena adanya salah seorang kamu berjihad fisabilillah itu lebih afdlol (utama) dari sholat dalam rumahnya tujuh puluh tahun. Tidak sukakah Allah mengampunkan kamu dan memasukkan kamu dalam sorga. Berperanglah fisabilillah (untuk menegakkan agama Allah), siapa yang berjuang fisabilillah selama berhenti di tengah memerah susu itu wajib masuk sorga. (HR. Attirmidzy).

Fuwaq : Yaitu seorang jika memerah susu lalu di tengah-tengah memerah cape berhenti kemudian memerah kembali, maka berhenti mengasuh sebentar itu bernama fuwaq.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 274-275.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar