"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 29 Agustus 2015

Jihad (12)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. ditanya : Perbuatan apakah yang dapat menyamai jihad (perjuangan) fisabilillah? Berkata Nabi : Kamu tidak dapat melakukannya. Maka diulangi pertanyaan itu hingga tiga kali, sedang jawaban Nabi tetap : Kamu tidak dapat melakukannya. Kemudian Nabi berkata : Perumpamaan pejuang fisabilillah itu bagaikan orang yang sedang puasa dan sholat, membaca ayat Allah tidak berhenti dari puasa dan sholatnya hingga kembali pejuang fisabilillah itu dari medan jihadnya. (HR. Buchary dan Muslim).

Dalam riwayat Buchary : Seorang bertanya : Ya Rasulullah tunjukkanlah kepada saya amal perbuatan yang menyamai jihad fisabilillah? Jawab Nabi : Tidak saya dapatkan (tidak ada), kemudian Nabi berkata : Dapatkah kau jika pejuang itu keluar untuk berjihad lalu kau masuk masjid berdiri sholat tidak berhenti dan puasa tidak makan hingga kembali pejuang dari medan pertempuran? Jawab orang itu : Siapakah yang dapat berbuat demikian itu?
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 275-276.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar