"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 02 Agustus 2015

Sunnat Puasa Tiga Hari pada Tiap Bulan (2)

Abdullah bin Amru bin Al’Ash r.a. berkata; Rasulullah s.a.w. bersabda : Puasa tiga hari tiap bulan, bagaikan puasa selama hidup (sepanjang masa). (HR. Buchary dan Muslim).

Mu’adzah Al-’Adawiyah r.a. bertanya pada ‘Aisyah : Apakah Rasulullah s.a.w. puasa tiga hari tiap bulan? Jawab ‘Aisyah: Benar. Ditanya : Bulan apa saja? Jawab ‘Aisyah : Tidak peduli bulan yang mana saja. (HR. Muslim).

Abu Dzarr r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Jika kau puasa tiga hari dalam sebulan, maka puasalah pada tanggal 13-14-15 pada bulan itu
. (HR. Attirmidzy).

Qotadah bin Milhan r.a. berkata : Adanya Rasulullah s.a.w. menyuruh kita puasa hari-hari putih yaitu 13-14-15 tiap bulan. (HR. Abu Dawud).

Ibn Abbas r.a. berkata : Adanya Rasulullah s.a.w. tidak pernah berbuka (tidak puasa) pada hari-hari putih, baik ia dalam negeri atau sedang bepergian. (HR. Annasa’i).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 255-256.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar