"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 17 Agustus 2015

Tips Mendesain Kamar Mandi

Dahulu aku berpikir bahwa kamar mandi yang nyaman itu harus mempertimbangkan : ukuran (menyesuaikan luas lahan yang tersedia), pencahayaan yang cukup (agar bakteri tidak bisa bertahan di hidup di dalamnya), sirkulasi udara (agar kamar mandi tidak terlalu lembab dan tidak menimbulkan bau yang tidak diinginkan),  sekat (untuk membedakan fungsi area, kamar mandi basah atau kering sekaligus), aspek keamanan (jauhkan saluran listrik dari sumber air, lantai kamar mandi tidak licin), dan kebersihan kamar mandi secara teratur.

Konsep Desain Kamar Mandi Baru
Kamar mandi yang nyaman dalam konsepku sekarang sangat berbeda. Berusaha untuk tidak meletakkan pintu masuknya ke dalam rumah kita, tetap menjaga kebersihannya dan tetap baik sirkulasi udaranya.
Dalam hadits Zaid bin Arqam r.a. dan selainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad (4/373), Ibnu Majah (296), Ibnu Hibban ( 1406), Al Hakim (1/187) dan selainnya bahwa Rasulullah s.a.w., bersabda : “Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan, pen), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”
Rasulullah s.a.w. bercerita bahwa Iblis meminta tempat tinggal kepada Allah SWT seperti halnya Allah SWT memberikan tempat tinggal anak-anak Adam berada di bumi. ‘‘Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis. Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),’’ (HR. Bukhari).
Rasulullah s.a.w. mengingatkan, bahwa rumah iblis adalah kamar mandi atau jamban, disanalah ia kuasa menggoda setiap orang yang memasuki rumahnya. Godaan iblis macam-macam dan aneka warna. Contohnya menggoda manusia agar; Berlama-lama di dalam kamar mandi, Bernyanyi atau berkata-kata, Bermain-main air atau sesuatu yang lain (bawa ipod mendengarkan musik), Membisiki seseorang supaya kencing sambil berdiri, Membiarkan baju yang kotor tergantung dalam kamar mandi, Melupakan seseorang untuk berdoa ketika akan masuk atau keluar dari kamar mandi, Melakukan hal asusila, Melakukan Wudlu sambil telanjang, Mengcoret-coret dinding kamar mandi dan Merencanakan kejahatan.
Maka semestinyalah hati-hati sewaktu dalam WC atau kamar mandi. Dan tips yang baik adalah; lakukan mandi, buang air dan lain-lain sewajarnya saja, lebih cepat lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar