"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 27 Februari 2012

Keharusan Mengingat ALLAH

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ اذْكُرُوا۟ اللَّـهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya (QS. 33 : 41).

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS. 33 : 42).

هُوَ الَّذِى يُصَلِّى عَلَيْكُمْ وَمَلٰٓئِكَتُهُۥ لِيُخْرِجَكُم مِّنَ الظُّلُمٰتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا
Dialah, yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang) Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. 33 : 43).

تَحِيَّتُهُمْ يَوْمَ يَلْقَوْنَهُۥ سَلٰمٌ ۚ وَأَعَدَّ لَهُمْ أَجْرًا كَرِيمًا
Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mu’min itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah : “Salam”; dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka. (QS. 33 : 44).

Latar Belakang Turunnya Ayat
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika turun ayat “innallaha wa malaikatahu yushalluna ‘alan nabi” (QS. 33: 56) berkatalah Abu Bakar: “Ya Rasulallah segala kebaikan yang diturunkan Allah kepada tuan kami pun turut serta merasakanya”. Maka turunlah ayat ini (QS. 33 : 43) yang menegaskan bahwa Allah memberikan rahmat kepada seluruh Kaum Mu’minin. Diriwayatkan oleh Abdu bin Hamid yang bersumber dari Mujahid.
---------------
Bibliography :
Al Qur'aan dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur'an, Depag, Pelita II/ 1978/ 1979, halaman 674-675.
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke -5, 1985, halaman 400 – 401.
Tulisan Arab Al-Qur'an  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar