"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 29 Februari 2012

Alun-alun Kidul Yogyakarta

OBYEK WISATA. Alun-alun Kidul, atau dalam bahasa Indonesia berarti tanah lapang bagian selatan. Alun-alun Kidul terletak pada koordinat GPS: 7°48'42.7" Lintang Selatan dan  110°21'47.6" Bujur Timur. Tanah lapang ini adalah bagian belakang dari Keraton Yogyakarta. Menurut sejarahnya, alun-alun kidul ini dibuat untuk mengubah suasana bagian belakang keraton menjadi seperti bagian depan karena pada dasarnya antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan laut selatan pulau jawa terbentuk garis imajiner yang menghubungkan kesatuan tersebut. Agar dari selatan posisi Keraton Yogyakarta tidak seperti membelakangi laut selatan, maka dibentuklah alun-alun lor.

GERBANG PLENGKUNG GADHING
Gerbang Plengkung Gadhing
Kalau TravelNusa (Traveler Nusantara) masuk Kraton Yogyakarta dari arah selatan dari ruas jalan Jl. Let.jend MT Haryono – Jl. Mayjend Sutoyo -  Jl. Panjaitan maka kita akan bertemu dengan pintu gerbang Kraton sebagai pintu masuk ke alun-alun kidul, yang dikenal sebagai Plengkung Gadhing.





ALUN-ALUN KIDUL
TravelNusa (Traveler Nusantara). Alun-Alun Kidul merupakan wilayah di belakang kompleks bangunan Kraton Yogyakarta yang bisa dijangkau dengan berjalan ke arah selatan dari Sentra Makanan Khas Gudeg Wijilan. Disimbolkan dengan gajah yang memiliki watak tenang, Alun-Alun Kidul merupakan penyeimbang Alun-Alun Utara yang memiliki watak ribut. Karenanya, Alun-Alun Kidul dianggap tempat palereman (istirahat) para Dewa.

MASANGIN
Ringin Kembar
Di tengah lapangan alun-alun kidul ada dua pohon beringin kembar, TravelNusa (Traveler Nusantara) bisa mencoba atraksi berjalan melewati antara dua pohon beringin itu dengan mata ditutup kain hitam yang dinamai Masangin. Konon, jika orang mampu melewatinya dan tak serong atau menabrak maka ia akan mendapat berkah tak terhingga. Tapi, jangan mencoba untuk mengintip, sebab jika dilakukan anda adalah orang yang curang. Untuk mencobanya, anda cukup menyewa kain hitam.

SASONO HINGGIL
Sasono Hinggil Dwi Abad
Di waktu-waktu tertentu, TravelNusa (Traveler Nusantara) dapat melihat pagelaran wayang di Sasono Hinggil Dwi Abad. Namun, untuk melihatnya anda perlu persiapan karena umumnya wayang digelar semalam suntuk. Anda juga dapat melihat persiapan para prajurit kraton untuk merayakan Grebeg (perayaan memperingati Maulud Nabi). Di alun-alun inilah semua prajurit berkumpul untuk melaksanakan gladi resik sehari sebelum perayaan dan berangkat ke alun-alun utara pada hari perayaan.

-------------
yogyes.com
himpalaunas.com
tagtung.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar