"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 24 Juli 2012

MUJAHADAH (6)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Seorang yang lebih kuat iman, lebih baik dan lebih di kasihi Allah dari seorang mu’min yang lemah. Dan pada masing-masing ada kebaikan sendiri-sendiri Rajin.rajinlah mengerjakan apa-apa yang berguna dunia akhirat, dan selalu minta bantuan kepada Allah, dan jangan lemah. Kemudjan jika kau terkena sesuatu, jangan sekali-kali mengatakan : Andaikan saya berbuat begini niscaya terjadi begini. Sebaiknya kau harus berkata: Telah ditakdirkan Allah, dan Allah berbuat sekehendak-Nya. Karena kalimat “Andaikan” hanya memberi jalan bagi gangguan setan. (HR. Muslim)

Kalimat “Andaikan” tidak menolong untuk mengurangi penderitaan, hanya akan menimbulkan kemenyesalan belaka. Sebaliknya kalimat : Telah ditakdirkan Allah, maka kalimat itu akan memutuskan goda’an setan, sebab kalau kita telah mengetahui kegagalan itu oleh kekuasaan Allah, maka kita tidak putus harapan untuk datangnya rakhmat Allah, dan di situ timbul jiwa optimis melanjutkan perjuangan baru, yang mengenal dan bersandar pada rakhmat Allah.
Jangan lemah semangat untuk perjuangan hidup dan kebaikan, ketahuilah bahwa Sunnatullah berjalan pada sekalian makhluk-Nya tidak membeda-bedakan, seseorang dari lainnya.
--------------------------------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 122-123.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar