"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 27 Juli 2012

PUASA, SHIYAM (20)

Dari Jabir bin Abdullah r.a.; Bahwasanya Rasulullah s.a.w. di tahun kemenangan pada bulan Ramadlan telah pergi ke Mekah, maka Rasulullah berpuasa hingga sampai di Kura’alghomin (suatu tempat dekat Asfan). Dan beliau bersama orang-orang berpuasa. Kemudian beliau minta segendi air, lalu beliau angkatkan gendi itu sehingga terlihat oleh orang-orang, kemudian beliau minum; kamudian sesudah itu dikatakan kepada beliau : Bahwasanya sebahagian manusia masih tetap berpuasa. Maka beliau bersabda: “Mereka itu durhaka, mereka itu durhaka”. Dan pada lafadh lain : Lalu diberitahukan kepada beliau : Bahwasanya orang-orang telah kepayahan karena berpuasa, dan mereka menunggu apa yang engkau lakukan”; lalu ba’da Ashar beliau meminta segendi air, kemudian, beliau minum. Diriwayatkan oleh Muslim.
---------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush-Shiyam, halaman 242.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar