"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 01 Juli 2016

Lukisan Sepupu Rasulullah

TIME TUNNEL. Kembali berada di Lorong Waktu, bertanya apa kata mereka tentang gambaran Ibnu 'Abbas sepupu Rasulullah  ﷺ.
"Dia seorang yang cepat mengerti, tajam berfikir dan banyak menyerap ilmu serta santunnya luar biasa.", lukisan Sa'ad bin Abi Waqqas رَضِيَ اللََّهُ عَنْه.
"Ia tahu banyak hadits dari Rasulullah  , memiliki pengertian yang dalam, punya banyak waktu untuk mengajarkan fiqih, tafsir, riwayat dan strategi perang, tarikh dan ilmu hisab serta dia dihormati karena kealimannya.", lukisan 'Ubaidillah bin 'Utbah رَضِيَ اللََّهُ عَنْه.
"Ia mengambil 3 perkara (menarik hati pendengar apabila ia berbicara; memperhatikan setiap ucapan pembicara dan memilih yang teringan apabila memutuskan perkara) dan meninggalkan 3 perkara (menjauhi sifat mengambil muka; menjauhi orang-orang yang rendah budi dan menjauhi setiap perbuatan dosa)", lukisan penduduk Basrah saat dia menjadi Gubernur di masa pemerintahan amirul mukminin Ali bin Abi Thalib رَضِيَ اللََّهُ عَنْه.
---------------------------
Inspirasi :
Rijal Haolar Rasul (Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro, Cetakan keduapuluh 2006, halaman 629-637.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar