"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 15 Juni 2017

Minta di Segerakan Adzab

Di dalam al-Qur'an Surat Ash-Shaaffat (37) : 176 - 177 ; Allah ta'ala menjelaskan tentang kecongkakan kaum musyrikin ;

أَفَبِعَذَابِنَا يَسْتَعْجِلُونَ
Maka apakah mereka minta disegerakan adzab Kami? (176).

فَإِذَا نَزَلَ بِسَاحَتِهِمْ فَسَآءَ صَبَاحُ الْمُنذَرِينَ
Maka apabila (adzab) turun di halaman mereka, maka amat buruklah pagi hari orang-orang yang diperingatkan itu. (177).

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما dikemukakan bahwa kaum musyrikin berkata : "Hai Muhammad! Perlihatkanlah dengan segera siksaan yang kau ancamkan kepada kami!". Ayat ini (QS. 37 : 176 - 177) turun sebagai peringatan terhadap ucapan mereka. (HR. Juwaibir).

Tafsir Ayat
QS. 37 : 176. "Maka apakah mereka minta disegerakan adzab Kami?". Dengan congkak dan sombongnya mereka pernah menantang Nabi ﷺ untuk meminta agar benar adzab neraka itu disegerakan. Lalu Tuhan memberi peringatkan pada ayat selanjutnya;
QS. 37 : 177. "Maka apabila (adzab) turun di halaman mereka, ...". Apabila adzab yang mereka minta disegerakan diturunkan Tuhan di halaman rumah mereka, atau dilapangan tempat mereka berkumpul; "..., maka amat buruklah pagi hari orang-orang yang diperingatkan itu". Kalau permohonan atau tantangan mereka yang congkak itu dikabulkan Tuhan sehingga di lapangan tempat mereka berkumpul itu sendiri adzab turun, semuanya akan kelabakan. Tidak akan ada yang sanggup bertahan, tidak akan ada yang sanggup melarikan diri ke mana jua pun. Pendeknya pagi hari adzab itu datang adalah pagi yang kucar-kacir bagi mereka.
---------------
Bibliography :
Tafsir Al-Azhar Juzu' XXIII, Prof Dr. Haji Abdulmalik Abdulkarim Amrullah (Hamka), Penerbit Yayasan Pustaka Islam Surabaya 1980, halaman 206.
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 422.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 897.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar