"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 29 Juni 2017

Al-Qur'an Sebaik-baik Kisah

Di dalam al-Qur'an Surat Yuusuf (12) : 3 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْءَانَ وَإِن كُنتَ مِن قَبْلِهِۦ لَمِنَ الْغٰفِلِينَ

Kami ceritakan kepadamu sebaik-baik cerita dengan apa yang Kami wahyukan kepadamu al-Qur'an ini, sekali pun engkau sebelumnya termasuk orang-orang yang lalai (belum mengetahui).

Asbabun Nuzul
Menurut riwayat yang dikemukakan Ibnu Jarir yang bersumber dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما dan riwayat yang dikemukakan dari Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu Mas'ud رضي الله عنهما, mereka berkata : "Ya Rasulullah, bagaimana jika tuan mengisahkan sesuatu kepada kami." Maka Allah menurunkan ayat ini (QS. Yuusuf : 3) yang menegaskan bahwa di dalam al-Qur'an sudah terdapat kisah-kisah yang baik sebagai tauladan bagi kaum mukminin.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 276.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 435.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar