"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 20 Mei 2015

Hotel Candi Baru Semarang

Hotel Candi Baru Semarang
Hotel Candi Baru Semarang yang beralamat di Jl. Rinjani No. 21 Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajahmungkur Kotamadia Semarang merupakan hotel dengan fisik bangunan peninggalan masa penjajahan kolonial Belanda yang memiliki 2 lantai ini menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi turis asing. Bangunan Hotel ini menampilkan gaya arsitektur Roccoco bergaya art deco dengan ornamen-ornamen ukiran eropa yang dibangun pada tahun 1919 dan merupakan bangunan ke-34 yang diputuskan oleh pemerintah kota Semarang untuk dilindungi.
Terdapat sebuah pub kecil yang cukup terkenal yaitu On On Pub yang menjadi tempat favorit para clubber untuk bersantai di malam hari. Masih berada dalam kawasan hotel ini terdapat pula sebuah resto-cafe Black Canyon Cafe.
Ruang Makan
Hotel ini sebelumnya bernama Bellevue Hotel yang pada awalnya dimiliki oleh orang Cina yang kemudian dijual kepada perusahaan rokok Gentong Gotri. Pada tahun 1971 namanya berubah menjadi Hotel Candi Baru yang kemudian pada tahun 1973 mengalami perubahan pada ornamen ukiran-ukiran yang seperti sekarang ini. Pada tahun 2015 yang aku ketahui dari House Keeper, hotel ini sekarang dimiliki oleh pengusaha jamu Sido Muncul.
Aku pernah ditunjukkan sebuah kamar yang besar dengan 2 tempat tidur double bad yang memiliki fasilitas ruang tamu dengan pintu tersendiri langsung mengakses halaman luar. Kamar yang simple tapi bersih, bersejarah dan dengan kamar desain baru, tetapi interior lantai masih mempertahankan desain lama, ubun motif ala bangunan jaman dulu. Layanan menginap di hotel ini adalah sarapan pagi yang sangat sederhana dengan roti panggang atau nasi goreng telur. Hotel ini tidak menyediakan makan siang atau makan malam.

1 komentar: