"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 23 Mei 2015

QURBAN (1)

Dari Anas bin Malik r.a.; Bahwasanya Nabi s.a.w. pernah berkurban dengan dua ekor kambing yang putih dan bertanduk, dan beliau menyebut nama Allah dan bertakbir, lalu beliau meletakkan kakinya di atas belikat kambing itu, dan pada sebuah lafadh; “Beliau menyembelih dua ekor kambing itu dengan tangannya sendiri”. Dan dalam sebuah lafadh; “Kedua-duanya gemuk. Dan menurut riwayat Abu Awanah dalam kitab shahihnya : “Kedua-duanya harganya mahal”, Dan dalam lafadh Muslim : “Beliau membaca; Bismillahi wallahu akbar (Dengan nama Allah, dan Allah itu yang Maha Besar).

Dan dalam riwayat itu (Muslim) pula dari ‘Aisyah r.a.; Beliau memerintahkan mengambil seekor kambing yang bertanduk, hitam kakinya, hitam perutnya dan hitam sekeliing matanya; lalu kambing itu dihadapkan kepada beliau untuk disembelih, dan beliau bersabda kepada ‘Aisyah ; “Hai ‘Aisyah ambillah pisau”, kemudian beliau bersabda lagi : “Asahlah (tajamkanlah) ia dengan batu’, lalu ‘Aisyah mengerjakannya, lalu beliau mengambil pisau itu dan mengambil kambing itu pula, lalu dibaringkan, kemudian beliau menyembelihnya, kemudian membaca “BISMILLAHI ALLAHUMMA TAQOBBAL MIN MUHAMMADI WA ALI MUHAMMAD WA MIN ‘UMMATI MUHAMMAD” (Dengan Nama Allah, ya Allah terimalah kurban dari Muhammad, dan keluarga Muhammad, dan kurban dan ummat Muhammad), kemudian beliau menyembelihnya”.
------------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Jihad, halaman 497-498.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar