"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 14 Oktober 2014

Wanita Salihah

"Dunia itu perhiasan, dan sebaik-baik perhiasannya, ialah wanita salihah". (HR Muslim).

Begitu lisan Rasulullah s.a.w. menyanjung wanita salihah. Wanita memang tercipta menarik bagi mata lelaki sesuai fitrahnya. Allah hiaskan semua itu berdasar kehendak-Nya sebagai penyempurna, karenanya Rasulullah s.a.w. ingatkan lelaki akan bahayanya wanita yang bisa jadi fitnah terbesar pengantar dosa. Begitu besarnya pengaruh wanita di kehidupan lelaki, sampai-sampai Rasulullah s.a.w. benar-benar mewanti-wanti, karena wanita adalah ibu bagi anak-anaknya, pengajar yang pertama dan pendidik paling utama. Juga karena wanita adalah penopang bagi suaminya dan pelipur laranya, pengingat suaminya dalam taat dan penguat suaminya dalam takwa. Tersebab mulianya tugas wanita dalam Islam ini, Allah pilihkan teladan terbaik dari istri Nabi s.a.w. Khadijah binti Khuwailid sang bunda Fatimah Az-Zahra, wanita mulia yang melahirkan wanita yang juga mulia. 

Bagi Rasulullah Muhammad, Khadijah adalah ketenangan. Bagi Rasulullah Muhammad, Khadijah adalah kebaikan. Bagi Rasulullah Muhammad, Khadijah itu cinta tanpa banding. Bagi Rasulullah Muhammad, Khadijah itu ibu tanpa tanding. Tersebab ketaatannya dan pelayanannya pada suaminya, ia beroleh sesuatu hal yang teristimewa dari Rabb pencipta semesta. Jibril berucap : "Maka sampaikanlah salam kepadanya dari Rabbnya dan dariku.." Sungguh-sungguh mulia wanita yang memuliakan suaminya. "Kabarkan ia akan beroleh rumah di dalam surga dari mutiara berongga, tidak ada gaduh di dalamnya dan tidak pula letih" (HR Bukhari).

Bila wanita salihah sudah ada disisi, maka yang lainnya tinggal dilengkapi. Seharusnya panutan Muslimah ialah wanita semisal Khadijahm tutur kata lembut dan penuh kesabaran serta akhlak nan indah. Melayani suami sepenuh hati karena ketaatannya pada Allah. Senantiasa mengabdikan diri pada Allah dengan ibadah demi ibadah. Banyak pintu menuju surganya Allah termasuk juga bagi wanita, sesiapa yang taat pada suaminya "dia bisa masuk dari pintu manapun".
 
Duhai, adakah hiasan fana di dunia yang lebih baik dari wanita salihah?

(Ustadz Felix Siauw, 10 Oktober 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar